Selebritis Banyak Anak Banyak Rezeki, Sesuai Anjuran Agama Islam?

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Minggu 31 Mei 2020 04:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 30 617 2222155 selebritis-banyak-anak-banyak-rezeki-sesuai-anjuran-agama-islam-G57tnSCn3f.jpg Banyak Anak Banyak Rezeki

CERITA hijabers Zaskia Adya Mecca yang galau menyambut anak kelima tengah viral. Selain Zaskia, beberapa selebritis lain dikaruniai keturunan nan melimpah. Bagaimana sejatinya agama Islam memandang kehadiran anak di tengah keluarga?

"Alhamdulillah hari ini kehamilan ku udah masuk 32 minggu (8bulan). Emang ga gampang nyimpen kabar bahagia gini 8 bulan pulaa ๐Ÿ™ˆ tapi ku punya bbrp alasan untuk ga langsung publish soal hamil ke5, bisa cek di youtube soal kenapanya dan cerita di awal2 kita kepikiran gugurin kandungan bahkan sampai udah siap booking segala rupa buat ke spore ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข Alhamdulillah Allah jaga kami sehingga ga jadi melakukan itu dan sekarang tiap ada tendangan di perut aku selalu bersyukur bahwa ku mempertahankan dia juga minta maaf kenapa dulu awal2 ada pikiran seperti itu...โฃ" tulis istri sutradara Hanung Bramantyo di laman Instagram @zaskiaadyamecca.

zaskia mecca dan hanum

(Baca Juga: 5 Blogger Muslim Fashionable, Inspirasi untuk Bergaya dengan Hijab)

Keputusan mempertahankan kehamilannya dilandasi pemikiran bahwa anak adalah karunia. Kehadiran mereka adalah nikmat. Anggota dewan penasehat Kerajaan Saudi Arabia dan ulama Syaikh Saโ€™ad As-Syitsry, Ahkam Al Maulud mengingatkan dalam sebuah ceramahnya di YouTube, anak dan keturunan memang dapat melahirkan ragam kebaikan.

Dalam kehidupan rumah tangga, anak-anak dan keturunan ibarat tali pengikat yang dapat semakin menguatkan hubungan pasangan suami istri. Dari sanalah kemudian akan tercipta keharmonisan dalam rumah tangga; sakinah, mawaddah dan rahmah.

Anjuran meneruskan keturunan juga disebutkan dalam hadist:

ุฅูุฐูŽุง ู…ูŽุงุชูŽ ุงุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ุงู†ู’ู‚ูŽุทูŽุนูŽ ุนูŽู…ูŽู„ูู‡ู ุฅูู„ุงูŽู‘ ู…ูู†ู’ ุซูŽู„ุงุซู : ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉู ุŒ ุฃูŽูˆู’ ุนูู„ู’ู…ู ูŠูู†ู’ุชูŽููŽุนู ุจูู‡ู ุŒ ุฃูŽูˆู’ ูˆูŽู„ูŽุฏู ุตูŽุงู„ูุญู ูŠูŽุฏู’ุนููˆ ู„ูŽู‡ู

โ€œJika seorang anak Adam mati, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang berdoa untuknya.โ€ (HR Muslim)

(Baca Juga : 6 Hijabers Cantik Ini Curi Perhatian di Hari Hijab Sedunia)

Keyakinan bahwa anak adalah sumber mengalirnya rezeki keluarga diyakini oleh pesinetron Ratna Galih. Ibu lima anak ini sampai memposting foto bersama empat putra dan satu putrinya di akun Instagram @ratnagalih. "Banyak anak banyak rezeki ๐Ÿ˜,"tulisnya.

Ratna galih banyak anak banyak rezeki

Anak-anak dengan sendirinya merupakan wujud dari rezeki Allah SWT bagi manusia. Lantaran sejatinya makna rezeki adalah segala hal yang bermanfaat dan menyenangkan penerimanya. Allah SWT juga menjanjikan bahwa setiap anak yang terlahir akan Allah jamin rezekinya. Allah SWT berfirman:

ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽู‚ู’ุชูู„ููˆุง ุฃูŽูˆู’ู„ูŽุงุฏูŽูƒูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุฅูู…ู’ู„ูŽุงู‚ู ู†ูŽุญู’ู†ู ู†ูŽุฑู’ุฒูู‚ููƒูู…ู’ ูˆูŽุฅููŠูŽู‘ุงู‡ูู…ู’

โ€œDan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezki kepadamu dan kepada mereka.โ€ (QS. Al Anโ€™am [6]: 151)

Setelah mereproduksi, kewajiban orangtua adalah mendidik anak-anaknya agar menjadi kepribadian shaleh dan shalehah. Hal itu ditegaskan supaya menjamin anak tumbuh dalam keluarga yang taat beribadah kepada Allah, agar karunia yang Allah SWT berikan kepada kedua orangtuanya semakin bertambah.

(Baca Juga : Viral Pria Tawaf Sendirian di Ka'bah, Mimpi 20 Tahun yang Jadi Kenyataan)

Hidup pun kian berkah dengan kehadiran anak-anak. Lantaran kerja keras orang tua mendidik anak-anaknya menjadi hamba-hamba Allah yang shaleh menjadi sebab semakin berkahnya rezeki yang didapatkan. Terutama bagi orangtua yang sungguh-sungguh mendidik anak-anaknya, berarti ia telah bertakwa kepada Allah SWT. Dan Allah berfirman tentang buah dari ketakwaan:

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุชูŽู‘ู‚ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ูŠูŽุฌู’ุนูŽู„ู’ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุฎู’ุฑูŽุฌู‹ุง . ูˆูŽูŠูŽุฑู’ุฒูู‚ู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุญูŽูŠู’ุซู ู„ูŽุง ูŠูŽุญู’ุชูŽุณูุจู

โ€œBarangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.โ€ (QS. Ath Thalaq [65]: 2-3)

Namun, jika kedua orang tua lalai dari anak-anaknya dengan tidak memberikan pendidikan agama yang benar dan lingkungan yang baik, sehingga mereka tumbuh dalam kondisi tidak mengenal Allah SWT, bahkan anak-anaknya itu membuat mereka lupa kepada pencipta-Nya, maka nikmat dan karunia tersebut kelak berakibat petaka. Alih-alih dapat mengundang rezeki, anak-anak yang seperti itu dapat berubah menjadi musibah, dunia, dan akhirat.

Pendidikan ketakwaan yang baik diperlihatkan oleh keluarga aktor Ricky Harun.

(Baca Juga: Virus yang Lebih Berbahaya dari Covid-19)

ricky harun dan keluarga

"Di foto ini kami #keluargamoyapoya meminta maaf yg sebesar2nya karna pose kita ngga ada yg bener hehe. Ternyata makin banyak anak makin susah buat foto bareng. Ini paling mending dr sekian banyak foto yg sudah kami cekrek," tulis @rickyharun mengkmentari pose bersama keempat anaknya.

Putra dari model Donna Harun ini menikah dengan Herfiza Novianti pada 15 Juni 2013. Semenjak itu, ia menjadi pribadi yang lebih baik lagi, serta memperdalam ilmu agama alias hijrah. Beberapa kali Ricky terlihat menghadiri sebuah pengajian ilmu. Ia juga kerap terlihat membantu sang istri mengasuh anak-anaknya.

(Baca Juga : Viral Video Imam Sholat Idul Fitri Lari Tinggalkan Jamaah karena Didatangi Polisi)

Mereka memang berkomitmen tidak memakai baby sitter dan terkadang dibantu orangtua untuk mengasuh. Keduanya ingim terlibat langsung dalam pengasuhan anak-anaknya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini