7 Destinasi Wisata Spektakuler di Timur Tengah yang Wajib Dikunjungi

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Minggu 31 Mei 2020 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 31 615 2222206 7-destinasi-wisata-spektakuler-di-timur-tengah-yang-wajib-dikunjungi-8owTuO8ofG.jpg Destinasi Wisata Spektakuler di Timur Tengah Fayoum Oasis (Foto: Gulfnews)

Selagi menunggu kondisi dunia untuk kembali terbuka, saatnya mencari tahu tempat-tempat baru yang wajib dijadikan target untuk destinasi wisatamu!

Melansir dari laman Gulfnews, Minggu (31/5/2020) berikut 7 destinasi wisata di Timur Tengah yang menyajikan sejarah, budaya, peninggalan kuno serta petualangan yang menarik.

1. Mada’in Saleh

Madain Saleh Arab Saudi

Disebut Al Hijr dalam bahasa Arab, tempat ini merupakan destinasi wisata kota kuno di Arab Saudi, yang diperkirakan sudah berusia 2.000 tahun dan dibangun oleh orang-orang Nabatea, orang-orang Arab pra-Islam dari bagian utara Semenanjung Arab yang terkenal karena keterampilannya dalam memanfaatkan air di kawasan gurun.

(Baca Juga: 5 Blogger Muslim Fashionable, Inspirasi untuk Bergaya dengan Hijab)

Terletak di barat laut Arab Saudi, tempat ini dapat ditempuh selama 40 menit dari bandara terdekat di kota Al’Ula. Mudahnya akses untuk dapat sampai di tempat ini menjadi suatu hal yang menarik untuk dikunjungi saat kamu berada di Arab Saudi.

2. Fayoum Oasis

Fayoum Oasis di mesir

Terletak di barat daya Kairo dengan waktu tempuh hingga 2 jam perjalanan, Fayoum Oasis sudah tidak diragukan lagi sebagai salah satu wisata alam yang menakjubkan di Mesir, bak harta karun tersembunyi.

(Baca Juga : 6 Hijabers Cantik Ini Curi Perhatian di Hari Hijab Sedunia)

Terdiri dari banyak danau dan kanal, tempat ini merupakan tempat yang paling tepat untuk menghabiskan waktu di akhir pekan bagi kamu yang ingin melepas penat dan mencari ketenangan dari hiruk pikuk kota. Salah satu spot terbaik di Fayoum Oasis yakni Wadi El Rayan, yang terdiri dari danau buatan manusia di atas dan bawah, dan terbentang air terjun di antaranya.

3. Pegunungan Hajar

Pegunungan hajar oman

Selanjutnya terdapat pegunungan Hajar yang spektakuler di Oman yang terbentang luas dari ujung Semenanjung Musandam hingga ke Kota Sur, di bagian selatan Muscat.

Wilayah pegunungan indah ini menjadi salah satu tujuan wisata paling diminati di Oman. Dulunya merupakan penghalang bagi interior Oman, kini pegunungan Al Hajar menjadi akses masuk ke jantung negara.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Wadi Rum

wadi rum jordania

Wadi Rum merupakan gurun lembah yang terletak di Yordania Selatan. Uniknya, gurun ini didominasi dengan warna merah. Sejumlah film-film Hollywood seperti Lawrence of Arabia, The Martian, dan film live-action Disney Aladdin mengambil latar tempat di Wadi Rum ini.

(Baca Juga : Viral Pria Tawaf Sendirian di Ka'bah, Mimpi 20 Tahun yang Jadi Kenyataan)

Pemandangan alam yang disajikan di Wadi Rum telah berhasil menarik banyak pengunjung dari seluruh dunia. Terdapat pilihan untuk bermalam di kamp-kamp bernuansa tradisional atau di tenda bergaya mewah. Tempat ini merupakan salah satu situs warisan dunia yang dinobatkan UNESCO, dengan banyak pengamatan bintang yang dilakukan serta adanya berbagai penemuan peradaban di masa lalu.

5. Lembah Suci Qadisha

lembah suci lebanon

Untuk kamu yang menyukai sejarah, Lembah Suci Qadisha menjadi destinasi yang tak boleh dilewatkan. Terletak di tempat terpencil yang menyajikan keindahan alam serta kedamaian di Lebanon, Lembah Suci Qadisha menjadi buruan banyak wisatawan.

Untuk dapat sampai di lembah ini perlu melakukan perjalanan dengan menyusuri desa pegunungan Bcharré, yang menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata di Lebanon dan termasuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO.

(Baca Juga: Virus yang Lebih Berbahaya dari Covid-19)

Lembah ini berfungsi sebagai tempat meditasi dan tempat berlindung selama ribuan tahun, menggambar mistikus sufi dan pertapa Kristen. Lembah ini menjadi tempat yang ideal bagi kamu yang mencari petualangan baru dengan mendaki gunung dan lembah!

6. Ibu Kota Persia Kuno

Ibu kota persia kuno

Pernah menjadi ibukota Persia kuno yang mempesona, Esfahan merupakan salah satu permata tersembunyi Iran. Dengan menawarkan arsitektur Islami biru yang indah dan jembatan yang megah menjadikan situs ini menarik untuk dikunjungi.

Terlebih daya tarik utama yang ada di Esfahan di mana terdapat Naqsh-e-Jahan atau Alun-Alun Imam yang berusia 1602 dan telah berhasil menjadi salah satu lapangan publik terbesar di dunia.

7. Chefchaouen Maroko

Kota Biru Maroko

Jika kamu datang ke Maroko, jangan lupa mengunjungi Chefchaouen (atau Chaouen). Terletak di Pegunungan Rif, pedalaman dari Tangier & Tetouan, situs ini terkenal dengan rumah dan bangunan yang didominasi dengan warna biru.

(Baca Juga : Viral Video Imam Sholat Idul Fitri Lari Tinggalkan Jamaah karena Didatangi Polisi)

Dulunya, desa ini pernah digunakan sebagai benteng saat melawan invasi Portugis, yang secara tidak langsung memberikan sentuhan campuran Maroko, Spanyol dan Portugis dalam bangunan ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini