Masjid-Masjid di Amerika Mulai Dibuka Bertahap

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Sabtu 13 Juni 2020 00:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 614 2229183 masjid-masjid-di-amerika-mulai-dibuka-bertahap-eUnLah5CKz.jpg ilustrasi (stutterstock)

BEBERAPA masjid di Amerika Serikat kembali dibuka, setelah sempat ditutup selama 2 bulan karena pandemi Covid-19. Masjid dibuka dengan penerapan protokol kesehatan ketat bagi jamaah untuk mencegah penularan virus corona.

Muslim Center of Greater Princeton (MCGP), sebuah masjid yang berlokasi di Princeton, NJ, yang dikenal dengan komunitasnya yang kuat dan beragam, mulai dibuka kembali pada Senin 8 Juni lalu.

Meski masih pandemi corona, MCGP mulai melonggarkan pembatasan secara bertahap setelah berminggu-minggu ditutup, dan membuka kembali tempat ibadah tersebut untuk para jamaah dan pengunjung.

Baca juga: 6 Orang yang Doanya Selalu Diterima Allah Ta'ala

MCGP secara aktif terlibat dalam program pemuda yang bertujuan mendidik dan memberdayakan perempuan Muslim, dan menjadi tempat yang aman bagi para mualaf.

"Kami perlahan membuka kembali dengan mematuhi perintah negara dan CDC, yang meliputi mengenakan masker, menjaga jarak sosial, dan membawa sajadah sendiri, dll," kata Adeyinka Mendes, seorang sarjana juga imam di MCGP, mengutip dari laporan Aboutislam, Jumat (11/6/2020).

“Saya mendambakan beribadah di luar rumah dengan rutin. Saya selalu menginginkan perayakan Ramadhan tanpa adanya limbah setelahnya. Juga memiliki begitu banyak pengalaman lain yang menghubungkan kita dengan Bumi dan mengurangi kerusakan yang kita lakukan padanya. Sayangnya, hal ini belum bisa terjadi sampai adanya pandemi ini. Semoga Allah membuat kita tabah dan senantiasa taat di kondisi mudah maupun sulit dengan Nama-Nama Indah-Nya,” tambahnya.

Pada 8 Juni lalu, MCGP mulai dibuka dengan ketentuan berikut.

1. Mengenakan masker tiap saat

2. Pemeriksaan suhu

3. Menjaga jarak (physical distancing) sejauh 6 kaki

4. Jamaah diwajibkan sudah berwudhu dari rumah

5. Anak-anak berusia dibawah 16 tahun atau orang dewasa diatas 70 tahun dilarang masuk

6. Batas maksimal hanya 10 orang untuk di dalam ruangan, dan 25 orang untuk di luar ruangan.

Pusat Persatuan Muslim di Bloomfield Hills, MI memutuskan untuk tetap berhati-hati atas dibukanya kembali tempat ibadah untuk Shalat Subuh dan Isya, pada Senin.

Peratura masjid menginstruksikan jamaah untuk tiba 20 menit sebelum Iqamah karena diharuskan untuk mendaftar dan dilakukan pemeriksaan suhu terlebih dahulu. Selain itu, jamaah diharapkan mengenakan masker, membawa sajadah sendiri, dan menjaga jarak sejauh enam kaki. Mereka juga diharuskan mengambil wudhu dari rumah.

Setelah berbulan-bulan ditutup, Asosiasi Islam Virginia Barat membuka kembali masjidnya untuk berdoa dan beribadah umat Muslim. Langkah ini dilakukan dengan tetap memberlakukan beberapa pedoman kesehatan untuk menjaga setiap jamaah tetap aman dan sehat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya