Jaga Jarak Sosial, Masjid Ini Pakai Kartu Pintar untuk Jamaah

Ragiel Try Julianto, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 614 2230932 jaga-jarak-sosial-masjid-ini-pakai-kartu-pintar-untuk-jamaah-ZgPsJRauCG.JPG Salah satu masjid di Kerala, India (Foto: experiencekerala)

SEBUAH masjid di Kuttichira, Kozhikode, Kerala, India menemukan cara unik untuk menghindari keramaian di tengah mewabahnya virus corona (Covid-19).

Pengelola masjid telah menerapkan sistem baru yakni penggunaan kartu pintar (smart card) terhadap kaum muslim yang hendak melaksanaan sholat berjamaah. Tujuannya, membantu para jamaah untuk tetap menjaga jarak sosial mencegah penularan Covid-19.

"Panitia telah memberikan kartu pintar dengan nomor kepada orang-orang di sekitar masjid. Seseorang yang memasuki tempat masjid harus menggosok tangan mereka dengan cairan pembersih. Mereka juga harus memberitahu identitas mereka di kamera," ucap anggota komite masjid, Muhammad Sajjad, dinukil dari laman Dnaindia, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Pria Muslim Bikin Lonceng Sensor untuk Kuil Hindu

Kartu telah didesain untuk menyimpan alamat dan nomor telepon jamaah. Mereka harus menyebutkan nomor kartu pintar mereka sehingga rincian data lainnya secara otomatis tervalidasi.

Masjid India

"Pintu masjid akan terbuka secara otomatis setelah menggesekkan kartu. Kami telah memasang sensor di pintu. Kami juga telah membuat tanda di dalam area masjid sehingga orang dapat mematuhi aturan jarak sosial," jelasnya.

Baca juga: 2 Ayat dalam Alquran Paling Dicintai Nabi Muhammad dari Seisi Bumi

Pemerintah Kerala sebelumnya telah mengeluarkan perintah pembukaan tempat ibadah, mal dan restoran sejak 9 Juni lalu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Terdapat aturan tegas yang menyebutkan bahwa wanita hamil dan mereka yang memiliki penyakit penyerta atau bawaan tidak diizinkan memasuki tempat ibadah. Mereka yang memiliki gejala identik dengan Covid-19 pun dilarang masuk.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya