Share

Tertulis dalam Alquran, Ini Sederet Manfaat Buah Tin

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 614 2231169 tertulis-dalam-alquran-ini-sederet-manfaat-buah-tin-Pdz3hZPxPp.jpg Buah tin (Foto Willemsfruit)

BUAH tin adalah salah satu buah yang tertulis dalam Alquran. Buah ini memiliki manfaat luar biasa, salah satunya melawan racun dalam tubuh.

“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun," begitu bunyi Surah At-Tin Ayat 1 dalam Alquran.

Dalam buku ‘Alquran vs Sains Modern’ karya Ramadhani, dkk disebutkan, buah tin bisa meluruhkan batu ginjal, membersihkan saluran kencing dan melawan racun.

Baca juga: 10 Tanda Akhlak Mulia Muslimin

Dalam kitab Thibbun Nabawi, Ibnu Qayyim al-Jauziah menyebutkan bahwa buah tin banyak memberikan manfaat bagi tubuh.

Dijelaskan pula bahwa manfaat tin, yakni bila dikeringkan bisa bermanfaat untuk kesehatan syaraf, mengobati penyakit batuk kronis, melancarkan buang air kecil, menghilangkan penyumbatan pada liver dan limpa.

Tidak hanya itu, buah tin juga baik untuk kesehatan ginjal dan kesehatan kantung kencing. Akan tetapi, bila dikonsumsi berlebih, buah tin kurang baik untuk kesehatan lambung.

Diambil dari berbagai sumber, buah tin juga bisa mengatasi hipertensi dan jantung koroner. Buah tin memiliki kandungan senyawa mineral alami seperti magnesium, fosfor, omega 3, omega 6, dan fenol.

Kandungan nutrisi buah tin cukup tinggi, namun jarang masyarakat Indonesia yang mengonsumsi buah tin. Umumnya, buah satu ini dibeli untuk oleh-oleh ibadah haji dan umroh.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini