Baca Doa Ini untuk Meredam Marah ketika Dizalimi

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 19:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 618 2231853 baca-doa-ini-untuk-meredam-marah-ketika-dizalimi-4LvJ30ms4l.jpg Ilustrasi (Freepik)

PERASAAN marah, jengkel atau kesal adalah suatu bentuk emosi yang lumrah juga sebagai sifat alami dan manusiawi. Dan hal ini merupakan salah satu ujian bagi umat Islam yang tengah menjalankan ibadah puasa, menahan marah atau hawa nafsu lainnya.

Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan, jika perasaan marah terus diikuti dan diluapkan maka bisa jadi akan merugikan diri sendiri dan oranglain. Terlebih ketika sedang dizalimi.

"Akibatnya dapat merugikan diri sendiri, keluarga, orang dekat, lingkungan sekitar, bahkan orang lain yang tidak dikenal," ujarnya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bahagia Sesungguhnya Adalah Ketika Hati Dekat dengan Allah

Oleh karenanya, lanjut Asroni, saat perasaan marah atau jengkel datang dianjurkan untuk membaca doa untuk meredamnya. Dimana bacaan ini akan menghilangkan rasa marah pada diri manusia.

Berikut ini bacaan doa untuk menghilangkan rasa marah atau rasa jengkel:

Pertama perbanyak membaca ta’awudz:

A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk,"

Selain itu, ketika sedang dizalimi seorang muslim dianjurkan juga untuk memperbanyak istighfar, dan membaca doa supaya Allah senantiasa melindungi diri dari perbuatan tidak terpuji.

Berikut ini adalah doa ketika sedang dizalimi:

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Robbanaa Afrigh ‘Alainaa Shobron wa Tsabbit Aqdaamanaa wanshurnaa ‘Alal Qoumil Kaafiriin

Artinya: "Wahai Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, dan teguhkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir." (QS. Al Baqarah: 250).

"Dengan membacanya, kita sedang memohon kepada Allah SWT agar diampuni dosa-dosa dan dihilangkan sifat marah. Serta diselamatkan dari godaan dan kejahatan setan,terutama dari orang-orang yang zalim," Pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini