Heboh Dokter di Surabaya Stres, Amalkan Doa Ini untuk Atasi Depresi

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 618 2232892 heboh-dokter-di-surabaya-stres-amalkan-doa-ini-untuk-atasi-depresi-Lm9sBh0Dkp.jpg Ilustrasi berdoa (Foto IBtimesindia)

WARGANET dihebohkan dengan viralnya foto seorang dokter perempuan berdiri tanpa busana di pinggir jalan. Kejadian itu dipastikan terjadi di Kota Surabaya, Jawa Timur. Ia diduga kuat stres dan depresi karena suaminya berselingkuh dengan perempuan lain.

Dalam Islam, stres dan depresi bisa diatasi dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memohon diberikan segala kemudahan dan ketetangan jiwa lewat doa.

Baca juga: Amalkan Doa Ini saat Subuh agar Selamat Dunia-Akhirat

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam, Ustadz Ainul Yaqin kepada Okezone beberapa waktu lalu mengatakan, Islam melarang umatnya berputus asa.

Menurutnya agar tidak mudah depresi ketika menghadapi masalah lebih baik mendekatkan diri kepada Allah, memperbanyak berdoa agar selalu dilindungi dari godaan syaitan.

Doa yang diajarkan Rasulullah agar hati tetap tenang dan tidak mudah depresi di antaranya:

اَللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: "Ya Allah, Aku mengharapkan (mendapat) rahmatMu, oleh karena itu, jangan Engkau biarkan diriku sekejap mata (tanpa pertolongan atau rahmat dariMu). Perbaikilah seluruh urusanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau."(HR. Abu Daud).

Selain itu terdapat bacaan lainnya yang bisa menjadi doa untuk memperkuat keimanan, yaitu:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli

Artinya: "Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku."(QS. Taha: 25-28).

Kedua tersebut dapat dibaca setiap saat, khususnya setelah selesai sholat fardhu atau sunah sambil ditambah kalimat-kalimat zikir untuk memperlengkap ibadah, yakni dengan niat agar iman tidak mudah goyah oleh persoalan apapun.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini