Protes Imam Masjid, Jamaah Sholat di Depan Warung Kopi

Kemal Alimin, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 614 2238017 protes-imam-masjid-jamaah-sholat-di-depan-warung-kopi-pNn6QtghgQ.JPG Muslim Turki sholat di depan warung kopi karena memprotes imam masjid (Foto: Hurriyetdailynews)

UMAT muslim yang bermukim di Müezzinler, sebuah provinsi sebelah barat laut Sakarya, Turki menggelar aksi protes terhadap imam masjid setempat dengan cara memboikot sholat berjamaah di masjid.

Mereka lebih memilih sholat di depan warung kopi. Hal ini dilakukan mereka sebagai bentuk protes terhadap sang imam karena telah bersikap kasar dan menghina mereka.

Mereka lantas mendesak lembaga mufti di provinsi itu menindak tegas sekaligus mengganti yang bersangkutan karena dinilai tidak memiliki sifat terpuji sebagai imam masjid.

Baca juga: Kisah Awal Mula Diharamkannya Khamar dalam Alquran

Melansir dari laman Hurriyetdailynews, sejumlah orang menyampaikan keresahannya kepada awak media lokal. Muhtar, selaku kepala warga setempat, berujar bahwa banyak orang menolak pergi ke masjid melaksanakan sholat berjamaah, selama imam tersebut masih memimpin sholat di sana.

“Kami akan berkumpul di depan kedai kopi dan melakukan doa-doa kami di sana sampai dia pergi,” ujarnya.

Menurut warga lokal, permasalahan imam masjid dan penduduk setempat sudah berlangsung sejak lama. Namun baru saat ini warga sekitar merespons dan melakukan protes atas apa yang sudah dilakukan oleh imam masjid tersebut.

Senada, Halil Ibrahim Gul, seorang jamaah lansia di desa itu juga mengeluhkan perlakuan imam terhadap para jamaah.

”Saya pergi untuk melaksanakan Sholat Jumat. Dia menunjukkan perilaku buruk kepada teman lanjut usia yang berada di sebelah saya. Saya tidak akan berdoa di belakang imam seperti itu,” tegas Halil.

Warga setempat hingga kini masih menunggu keputusan akhir yang akan dibuat oleh lembaga mufti di provinsi itu. Mereka berharap segera mengganti imam masjid itu dengan sosok yang lebih baik moral dan akhlaknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini