Ketahui, Ini Protokol Kesehatan yang Wajib Dipatuhi Jamaah Haji 2020

Rizka Diputra, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 614 2238384 ketahui-ini-protokol-kesehatan-yang-wajib-dipatuhi-jamaah-haji-2020-xatk43ZCS4.JPG Ka'bah di Kompleks Masjidil Haram, Makkah, Al-Mukarromah (Foto: AFP)

BADAN Urusan Masjid Agung di bawah Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci sedang melakukan studi tentang seluruh aspek rencana pengendalian kerumunan sebelum pembukaan parsial Masjidil Haram bagi para jamaah untuk melakukan thawaf mengelilingi sekitar Ka'bah di musim haji mendatang.

Otoritas berwenang sedang mengkaji wacana hanya 40 persen dari kapasitas Masjidil Haram yang diperkenankan masuk.

Nantinya Departemen Umum Keselamatan, Keamanan dan Manajemen Kerumunan di Masjidil Haram yang bertugas menjaga secara ketat langkah pencegahan dan protokol kesehatan untuk membendung penyebaran virus corona atau Covid-19.

Baca juga: Protes Imam Masjid, Jamaah Sholat di Depan Warung Kopi

Rencana ini juga memertimbangkan kemungkinan pra-registrasi data dan nomor kontak pengunjung Masjidil Haram saat masuk, termasuk aturan ketat menjaga jarak antar jamaah. Yang juga turut dipersiapkan yaitu pengaturan kamera thermal untuk mengukur suhu pengunjung di setiap pintu masuk.

"Mereka yang bersuhu tinggi akan dicegah masuk dan dirujuk ke spesialis dari Departemen Kesehatan untuk melakukan penyaringan yang diperlukan untuk mengetahui apakah mereka terinfeksi virus atau tidak," demikian bunyi peraturan itu sebagaimana dilansir dari laman Saudigazette, Senin (29/6/2020).

Aturan lain yang diberlakukan ketat oleh panitia penjaga masjid suci ialah pengunjung diwajibkan mencuci tangan dengan sabun, menggunakan hand sanitizer nonalkohol, tidak berjabat tangan, dan menutup mulut saat bersin.

"Langkah-langkah jarak sosial akan dipastikan (diawasi ketat) di antara jamaah untuk mencegah terjadinya crowding serta tidak mengizinkan orang yang memiliki gejala atau telah melakukan kontak dengan kasus yang dikonfirmasi dalam 14 hari terakhir. Wajib mengenakan masker setiap masuk ke masjid suci,"

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini