Intip Indahnya Masjid Pink Iran dengan Pantulan Cahaya Kaca Spektakuler

Kemal Alimin, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 615 2238059 intip-indahnya-masjid-pink-iran-dengan-pantulan-cahaya-kaca-spektakuler-tNjYO22Mhy.JPG Masjid Nashir al-Mulk (Foto: Atlasobscura)

NASIR al-Mulk ialah salah satu masjid yang terletak di Fars Province, Shiraz, Lotf Ali Khan Zand Street, Iran. Masjid ini memiliki pantulan cahaya spektakuler nan indah dari kaca patri yang membuat masjid berwarna merah muda alias pink ini menjadi salah satu masjid terindah di negeri para mullah.

Shiraz merupakan salah satu kota tertua di Iran, yang memiliki ciri khas budaya seni dan kerajinan tangan, serta kaya sejarah. Melansir laman Atlasobscura, Masjid Nasir al-Mulk diarsiteki oleh Muhammad Reza Kashi Paz-e-Shirazi dan Muhammad Hasan-e-Mema.

Baca juga: Protes Imam Masjid, Jamaah Sholat di Depan Warung Kopi

Dengan sentuhan kaca patri yang memesona, ditambah ribuan ubin berwarna cerah dan permadani Persia yang menutupi lantai menjadikan masjid ini semakin nyaman dipakai beribadah.

Masjid Nashir al-Mulk

Belum lagi nuansa warna pelangi yang indah menghiasi seluruh ornamen masjid dari segala arah. Membuat mata setiap orang dimanjakan oleh keindahannya. Di dalam masjid terdapat halaman terbuka dilengkapi kolam persegi panjang. Sedangkan di bagian tengahnya dikelilingi bunga.

Masjid Nasir al-Mulk dibangun antara tahun 1876 dan 1888, selama dinasti Qajar, yang memerintah Iran sejak tahun 1785 hingga 1925. Masjid ini dinamai "Masjid Merah Muda" karena banyaknya ubin berwarna pink yang menyelimuti langit-langit. Waktu terbaik untuk mengunjungi masjid ini ialah di pagi hari, ketika matahari memantulkan pola kaca patri ke lantai.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini