6 Manfaat Mohon Ampun kepada Allah, Salah Satunya Bisa Bikin Kaya

Kemal Alimin, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 614 2239475 6-manfaat-mohon-ampun-kepada-allah-salah-satunya-bisa-bikin-kaya-0sFNLDlZg7.jpg Ilustrasi memohon ampun. (Foto: Shutterstock)

HENDAKNYA setiap Muslimin tidak henti-hentinya meminta pengampunan dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Berharap segala kesalahan yang diingat ataupun tidak diampuni oleh Allah.

Banyak manfaat dan keistimewaan yang akan diraih dengan meminta pengampunan Allah Subhanahu wa ta'ala. Berikut ini beberapa di antaranya, sebagaimana dikutip dari About Islam, Rabu (1/7/2020).

1. Pengampunan dosa

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

Artinya: "Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia Maha Pengampun." (QS Nuh: 10)

2. Penyebab hujan turun

يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

Artinya: "Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat." (QS Nuh: 11)

3. Melimpahkan harta

وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

Artinya: "Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun, dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (QS Nuh: 12)

Ini mengekspresikan kebaikan dunia yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada kaum Muslimin.

Istilah "kebun" tersebut mengacu pada ketentuan duniawi, serta taman surga di akhirat. Itu juga merujuk kebaikan yang datang sebagai hasil dari air (hujan) yang Allah Subhanahu wa ta'ala turunkan ke bumi.

4. Peningkatan kekuatan

Allah Subhanahu wa ta'ala akan memberikan kekuatan lebih kepada hamba-Nya yang gigih meminta pengampunan. Hal ini seperti diungkapkan Nabi Hud Alaihissalam kepada umatnya:

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَىٰ قُوَّتِكُمْ وَلَا تَتَوَلَّوْا مُجْرِمِينَ

Artinya: "Dan (dia berkata): 'Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa." (QS Hud: 52)

Ini termasuk kekuatan batiniah yang berasal dari kedamaian pikiran dan hati nurani yang bebas dari beban dosa.

5. Kehidupan lebih baik

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ ۖ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ

Artinya: "Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat." (QS Hud: 3)

Hidup itu baik bagi mereka yang salih dan takut kepada-Nya. Ini juga baik bagi mereka yang kembali kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dalam pertobatan, meminta pengampunan-Nya, dan menebus dosa-dosa mereka dengan melakukan perbuatan baik.

6. Rahmat Allah Ta'ala

قَالَ يَا قَوْمِ لِمَ تَسْتَعْجِلُونَ بِالسَّيِّئَةِ قَبْلَ الْحَسَنَةِ ۖ لَوْلَا تَسْتَغْفِرُونَ اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya: "Dia berkata: 'Hai kaumku mengapa kamu minta disegerakan keburukan sebelum (kamu minta) kebaikan? Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah agar kamu mendapat rahmat." (QS An-Naml: 46)

Ibnu Al Qayyim menjelaskan dalam Zad Al-Ma'ad, adapun manfaat memohon pengampunan Allah Subhanahu wa ta'ala yakni terhindar dari ketakutan, kekhawatiran, dan kesulitan. Sebab, diyakini bahwa dosa menyebabkan kegelisahan, ketakutan, depresi, serta penyakit hati lainnya.

Oleh karena itu sebagai manusia yang tidak luput dari dosa dianjurkan sering-sering meminta ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar senantiasa kehidupan di dunia dipenuhi keberkahan yang Allah Subhanahu wa ta'ala berikan.

Baca juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Islami Bermakna Salih dan Baik Hati 

Ilustrasi memohon ampun. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini