Ini Sederet Manfaat Air Zamzam Disebutkan dalam Hadist Nabi

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 614 2239599 ini-sederet-manfaat-air-zamzam-disebutkan-dalam-hadist-nabi-vhqXJG7vkb.jpg Jamaah minum air zamzam di area Masjidil Haram Makkah (Okezone.com/Amril)

ZAMZAM adalah air terbaik diberikan Allah SWT untuk makhluk di muka bumi. Air ini tertulis dalam Alquran dan Taurat. Selain segar, air zamzam sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia dan sudah dibuktikan secara ilmiah.

Setiap kali jamaah haji atau umrah pergi ke Tanah Suci, zamzam menjadi salah satu tujuan yang diburu. Air ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, serta keberkahan yang melimpah bila Anda meminumnya.

Baca juga:  Hari Bhayangkara, Ini 3 Humor Kocak Gus Dur tentang Polisi

Air zamzam adalah makanan dari semua makanan, artinya berbagai macam makanan dan unsur-unsur bermanfaat ada dalam air tersebut. Seperti dikutip dari buku pintar ‘Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah’ yang ditulis oleh Dr. Nadiah Thayyarah, Nabi bersabda tentang sifat-sifat air zamzam. "Ia air yang diberkati dan makanan terbaik," (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain "Ia penyembuh penyakit," (HR. Muslim).

Dalam riwayat lain, "Air zamzam akan memberikan apa yang menjadi tujuan peminumnya," (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

 

Air zamzam dikenal juga sebagai obat dari segala penyakit, dan bagi siapa saja yang meminumnya dengan niat karena Allah, maka akan dikarunai berkah.

"Jika kamu meminumnya untuk mendapatkan kesembuhan, maka Allah akan menyembuhkanmu.Jika kamu meminumnya untuk mendapatkan rasa kenyang, maka Allah alan menyangkanmu. Dan jika kau meminumnya untuk menghilangkan dahagamu, maka Allah akan menghilangkannya. Ia adalah paket yang dibawa Jibril dan minuman Allah untuk Ismail," (HR. Daruquthni).

Air suci satu ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Sumur zamzam telah ada sejak lama, sejarhanya kembali ke 3.300 tahun yang silam. Kebanyakan sumur di atas permukaan bumi hanya memancarkan airnya hingga 50-150 tahun, kemudian mengering. Namun sumur zamzam terus mengeluarkan airnya sejak ribuan tahun lalu, hingga kini.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya