Kisah Koreografer Bollywood Masuk Islam karena Mimpi Bayi

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 05 Juli 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 614 2241403 kisah-koreografer-bollywood-masuk-islam-karena-mimpi-bayi-CIIFM7PUqZ.JPG Saroj Khan (Foto: The News)

KOREOGRAFER veteran Bollywood, Saroj Khan meninggal pada Jumat, 3 Juli 2020 setelah menderita serangan jantung di usianya yang ke 71 tahun. Namun setelah kematiannya baru terungkap, ternyata ia adalah seorang mualaf.

Dilansir dari laman International News, Khan terlahir dari keluarga Pakistan nonmuslim. Kemudian saat usianya masih muda ia bermigrasi ke India, ia juga begitu dekat denyan agama sebelumnya.

Namun seiring berjalannya waktu, Khan memutuskan untuk menjadi seorang mualaf setelah menikah dengan pengusaha dari India, Sardar Roshan Khan.

Baca juga: 5 Potret Nikita Willy Belajar Mengenakan Hijab

Khan mengatakan, ada dua alasan mengapa ia memutuskan untuk memeluk Islam. Pertama, saat kecil ia selalu mengikuti anak-anak muslim beribadah. Setelah dilihat ternyata Tuhan yang mereka sembah berbeda dengan ajaran yang dianutnya.

Alasan kedua, Khan pernah memiliki bayi perempuan dan akhirnya meninggal. Sejak itu ia selalu bermimpi putrinya itu, memanggil-manggilnya dari dalam masjid.

"Saya kehilangan seorang bayi perempuan. Dulu saya sering mimpi tentang anak saya, memanggil dari dalam masjid. Panggilannya itu berulang kali. Hingga akhirnya saya tobat (masuk Islam)," kata Khan.

 

Khan mengungkapkan, bahwa keputusannya menjadi mualaf tidak dipaksa atau di bawah tekanan siapapun. Namun, dia melakukannya semata-mata atas dasar kecintaannya kepada agama Islam.

Sebelumnya, Saroj Khan, seorang koreografer ikonik Bollywood itu meninggal akibat serangan jantung pada Jumat 3 Juli 2020 waktu setempat setelah dirawat di Rumah Sakit Mumbai pada Juni lalu akibat kesulitan bernapas. Wanita 71 tahun itu lahir di Nagpal dan memulai debutnya sebagai asisten koreografer pada 1960 dengan "Kalpana".

Salah satu karya terbaiknya ialah "Devdas" yang ditayangkan perdana di Cannes Film Festival pada 2002. Saat itu ia bekerja sama dengan Dixit dan Aishwarya Rai-Bachchan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini