Ketahui 8 Tanda Kiamat, Kemunculan Dajjal hingga Turunnya Nabi Isa

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 614 2242082 ketahui-8-tanda-kiamat-kemunculan-dajjal-hingga-turunnya-nabi-isa-x0DnkN8XZG.jpg Ilustrasi (Foto: Vox)

TIADA seorang pun tahu kapan pastinya datang hari kiamat. Bahkan, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam sebagai kekasih yang paling dicintai Allah pun tidak mengetahuinya. Namun jika diperhatikan, tanda-tanda kiamat sejak masa kenabian sudah terjadi.

"Peristiwa alam yang terjadi sejak dulu sampai sekarang memang kerap dikaitkan oleh sebagian orang dengan tanda-tanda akan terjadinya kiamat. Tanda-tanda ini bukanlah kiamat itu sendiri. Mengenai kapan waktu terjadinya kiamat, nyaris semua ulama sepakat tidak ada yang mengetahuinya," ujar Ketua Program Pendidikan Manhaj Istinbath Fatwa Lembaga Dakwah Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah (LDTQN) Ponpes Suryalaya Jakarta, Ustadz Rakhmad Zailani Kiki kepada Okezone belum lama ini.

Hal ini pun dijelaskan dalam Surah Al-'Araf ayat 187, Allah berfirman:

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

(Yas`alụnaka 'anis-sā'ati ayyāna mursāhā, qul innamā 'ilmuhā 'inda rabbī, lā yujallīhā liwaqtihā illā huw, ṡaqulat fis-samāwāti wal-arḍ, lā ta`tīkum illā bagtah, yas`alụnaka ka`annaka ḥafiyyun 'an-hā, qul innamā 'ilmuhā 'indallāhi wa lākinna akṡaran-nāsi lā ya'lamụn).

Artinya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui". (QS. Al-'Araf: 187).

Baca juga: Kisah Pengusaha Bangkrut Diselamatkan Sedekah, Kini Tiap Tahun Beli 4 Rumah

Lalu apa saja tanda-tanda kiamat yang sebenarnya perlu umat Islam ketahui? Berikut ini urutannya:

1. Keluarnya Dajjal

Dalam bahasa arab Dajjal artinya kekacauan. Dajjal akan keluar dari negeri Persia. Ketika makhluk ini muncul, maka ia dan pengikutnya akan membuat kerusakan di bumi selama 40 hari.

Rasulullah menjelaskan, bahwa dalam 40 hari itu, satu hari pertama seperti satu tahun, hari kedua seperti sebulan, hari ketiga seperti sepekan, dan hari selanjutnya sama seperti hari-hari biasa.

2. Keluarnya Imam Mahdi

Selanjutnya Imam mahdi, ia merupakan keturunan asli Rasulullah. Imam mahdi juga mempunyai nama yang sama persis seperti Rasulullah yaitu, Muhammad bin Abdullah. Kemunculannyalah yang nantinya akan memimpin perang jihad untuk mengejar Dajjal, ketika sudah berada di Palestina.

Ketika Imam Mahdi telah sampai untuk mengejar Dajjal, maka turunlah tanda-tanda kiamat selanjutnya.

3. Turunnya Nabi Isa 'Alaihissalam

Ketika Imam mahdi dan pasukannya sudah sampai ke Damaskus, Suriah, mereka akan melaksanakan Sholat Ashar berjamaah yang dipimpin langsung oleh Muhammad bin Abdullah alias Al Mahdi sebelum sampai menemui Dajjal.

Sebelum mereka sholat, maka turunlah Nabi Isa 'Alaihissalam dengan memegang kedua sayap malaikat serta rambut yang basah dan menetes-netes ke bumi, serta umat manusia di seluruh penjuru dunia akan menyaksikannya.

Setelah mereka sholat, barulah Imam Mahdi dan pengikutnya melanjutkan perjalanan menuju Palestina untuk menemui Dajjal. Kemudian sampai Nabi Isa langsung berburu Dajjal untuk kemudian dibunuh. Setelah terbunuh, nantinya para pengikut Dajjal akan berlarian untuk bersembunyi di balik pohon dan batu.

Baca juga: Arsitektur Unik Masjid Aladdin, Mahakarya Warisan Dinasti Seljuk

4. Keluarnya Yakjuj dan Makjuj

Nabi Muhammad menjelaskan ciri-ciri Yakjuj dan Makjuj, yaitu mata mereka terlihat sipit namun bola mata mereka terlihat besar, memiliki rambut keriting serta memiliki postur tubuh sama seperti manusia. Mereka akan keluar jika sudah dizinkan oleh Allah Ta'ala.

Allah berfirman yang artinya: "Hingga apabila dibukakan (tembok) Yakjuj dan Makjuj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata): “Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zalim." (QS. Al Anbiya’: 96-97).

5. Keluarnya binatang melata

Di dalam hadist Imam Bukhari dijelaskan, binatang tersebut akan muncul dan dapat berkomunikasi seperti lazimnya manusia. Binatang ini natinya akan mendatangi orang-orang yang kembali kufur, setelah wafatnya Nabi Isa.

Binatang itu akan menasihati dan mengingatkan orang-orang yang kembali kufur. Kemudian mereka tersebar di seluruh dunia, dan akan menandai orang-orang yang tidak beriman kepada Allah.

6. Keluarnya api dari Kota Aden

Aden merupakan salah satu kota yang terletak di Yaman. Di bawah kota tersebut terdapat api yang cukup panas, dan bisa keluar setiap saat, serta dapat membakar siapapun.

7. Munculnya tiga gerhana

Gerhana tersebut muncul di tiga bagian bumi, pertama pada bumi bagian timur seperti Asia, kedua di bagian barat seperti Amerika dan lainnya, dan ketiga di jazirah Arab. Selain gerhana, pada saat itu juga akan terjadi datangnya bencana yang sangat dahsyat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Bencana yang dimaksud seperti terjadi gempa besar, kemudian adanya longsor besar di belahan timur bumi. Sebagian ulama hadist menjelaskan, bagian ini dapat terjadi di bagian Asia, akan tetapi tidak diketahui secara pasti tempatnya di mana.

Setelah terjadi di bagian timur bumi, maka akan terjadi kembali pada bagian barat, seperti benua Amerika dan lainnya. Kemudian amblasnya bumi di Jazirah Arab.

8. Terbitnya matahari dari arah barat

Ketika matahari terbit di sebelah barat, maka di saat itulah pintu taubat sudah ditutup oleh Allah Ta'ala. Rasulullah bersabda:

“Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum matahari tebit dari barat. Jika ia telah terbit dari barat dan semua umat manusia melihatnya, mereka menjadi beriman semuanya. Pada saat itu, iman seseorang tidak ada manfaatnya jika sebelumnya ia tidak beriman atau tidak mendapat dari kebaikan imannya itu,” (HR. Muslim).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya