Share

Wapres Kiai Ma'ruf: Pesantren Jangan Jadi Tempat Penularan Covid-19

Rabu 08 Juli 2020 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 614 2243136 wapres-kiai-ma-ruf-pesantren-jangan-jadi-tempat-penularan-covid-19-U1Yd46ad9P.JPG Wapres RI, KH. Ma'ruf Amin (Foto: Setwapres RI)

WAKIL Presiden, KH Ma'ruf Amin menyatakan komitmen pemerintah untuk memberikan perhatian ke lembaga pendidikan Islam.

Yakni pesantren, madrasah diniyah, hingga lembaga pendidikan Alquran. Perhatian akan diprioritaskan di masa pandemi agar pesantren terhindar dari penularan Covid-19.

"Pesantren jangan menjadi pusat penularan Covid 19. Pemerintah memiliki perhatian ke pesantren, diniyah dan pendidikan Alquran. Pemerintah menyediakan dana Rp2,6 triliun," terang Wapres saat berkunjung ke Pesantren Assobariyah, Kota Sukabumi, Jawa Barat, mengutip website Kemenag, Rabu (8/7/2020).

"Pesantren akan mendapat bantuan operasional, ada yang 50, 40, dan Rp25 juta, sesuai kriteria pesantren," imbuh Kiai Ma'ruf.

Ia menjelaskan, Indonesia saat ini sedang berada di era new normal menuju masyarakat yang produktif dan aman Covid. Karenanya, pesantren juga harus dipersiapkan agar proses pembelajaran dapat berjalan baik dan aman dari wabah corona.

Baca juga: Chic Style Outfit Kantoran ala Influencer Keuangan Prita Ghozie

"Menuju Indonesia yang produktif tapi aman Covid, bahaya Covid harus dihilangkan. Pesantren harus menerapkan protokol kesehatan," tutupnya.

Sebelumnya, DPR menyetujui usulan Kementerian Agama (Kemenag) soal penambahan anggaran untuk penanganan dampak pandemi virus corona atau Covid-19 di pondok pesantren dan lembaga keagamaan Islam senilai Rp2,6 triliun.

Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto dalam rapat kerja dengan Kemenag mengatakan, pihaknya memahami penjelasan Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi mengenai refocusing anggaran madrasah dan pesantren menanggulangi dampak Covid-19.

“Dan mendukung usulan penambahan anggaran penanganan dampak Covid-19 di pondok pesantren dan lembaga keagamaan Islam pada APBN tahun 2020 senilai Rp2,6 triliun,” ujarnya kemarin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini