Share

Miss Muslimah 2020, Kontes Kecantikan demi Mengubah Stigma Hijabers

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 02:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 614 2244004 miss-muslimah-2020-kontes-kecantikan-demi-mengubah-stigma-hijabers-hCXqTrPkZ9.JPG Peserta Miss Muslimah 2020 (Foto: About Islam)

MEMASUKI tahun keempat, kontes kecantikan Miss Muslimah USA 2020 sedang dipersiapkan untuk digelar pada 25 Juli 2020 mendatang di Dearborn, Michigan. Digelarnya ajang ini ditujukan untuk mengubah stigma yang melingkupi wanita muslim berhijab yang ada selama ini.

Kontes tersebut telah memberi kesempatan bagi wanita muslim untuk berpartisipasi dalam kontes kecantikan tanpa harus mengorbankan keyakinan mereka.

Adalah Maghrib Sahid, pendiri Miss Muslimah USA yang menyatakan bahwa pageant ini ialah mimpinya sejak lama. Shahid menceritakan tentang prosesnya hingga berhasil mewujudkan kontes kecantikan ini.

Ia menyampaikan bahwa semangatnya untuk kontes seperti ini dimulai sejak ia masih anak-anak. Ia berkata pada dirinya bahwa suatu saat ia pasti akan berhasil untuk terlibat dalam kompetisi impian wanita tersebut.

โ€œKami tampak sebagai wanita muslim, kami yang seringkali menerima penyerangan lebih dulu. Saya ingin memberikan kesematan bagi wanita muslim untuk mengubah kesalahpahaman yang ada tentang diri mereka sendiri,โ€ jelasnya, dilansir dari About Islam, Jumat (10/7/2020).

Baca juga:ย Berkat Sedekah, Buruh Lunasi Utang Rp150 Juta dan Bangun 5 Mushola

Miss Muslimah USA didirikan pada tahun 2016 dan baru menobatkan pemenang pertamanya dari tahun 2017, yang saat itu dimenangkan oleh Khadijah Ismail asal Newark, New Jersey.

Tahun selanjutnya, 2018, kontes kecantikan ini dimenangkan oleh Ifrah Hashi dari Minnesota yang berhasil membawa pulang hadiah sebesar USD1.000.

Di tahun 2019, Rahma Mohamed, dari Madison, ialah putri yang berhasil membawa pulang mahkota setelah memenangkan ajang tersebut tahun lalu.

Para kontestan yang bergabung dengan Miss Muslimah USA edisi keempat ini harus memenuhi syarat yakni yang utama adalah seorang wanita muslim berusia 17 sampai 30 tahun.

Setelah mendaftar, para kontestan akan bersaing dalam lima kategori, yaitu abayah, burkini, pakaian acara khusus yang sederhana, dan bakat, yang dapat berupa pembacaan puisi atau dengan bacaan Alquran.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Untuk pertama kalinya, wanita muslim tak berhijab diizinkan untuk masuk dan bersanding bersamaan dengan para kontestan lainnya yang mengenakan hijab.

Dua kontestan internasional asal Kazakhstan dan Inggris dikabarkan turut serta dalam kontes kecantikan ini.

โ€œIni bukanlah tentang bagaimana menjadi kaya. Namun ini tentang bagaimana membuat perbedaan dengan dampak yang nyata. Saya ingin semuanya akan mendapat manfaat besar dari ajang ini, sebagaimana saya ingin mengubah hidup dan jiwamu,โ€ kata Maghrib Shahid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini