Share

Hukum Tidak Melihat Penyembelihan Hewan yang Dikurbankan

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 330 2244442 hukum-tidak-melihat-penyembelihan-hewan-yang-dikurbankan-easLbzMBvC.jpg Hewan kurban. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

PANDEMI virus corona (covid-19) tidak menyurutkan animo masyarakat untuk berkurban pada tahun ini. Namun banyak masyarakat yang masih meragukan dalam penyembelihan hewan kurban tersebut, bahkan sebagian masyarakat merasa ada yang kurang jika belum melihat langsung hewan kurban yang akan disembelih.

Di tengah pandemi ini penyembelihan hewan kurban harus melalui aturan yang berlaku demi pencegahan covid-19.

Baca juga: 5 Syarat Utama dalam Melangsungkan Pernikahanย 

Pada dasarnya menyaksikan penyembelihan hewan kurban bagi yang melaksanakannya adalah sunah, bukan merupakan kewajiban. Hal ini juga sebagaimana pendapat para ulama.

Syaikh Dr Muhammad Al Najdi dalam fatwanya yang menjelaskan, "Menyaksikan kurban adalah sunah, dan saya tidak mengetahui seorang ulama pun mengatakan hal itu wajib."

"Yang terpenting kita bisa memastikan bahwa kurban yang dititipkan pada lembaga tersebut dapat dipotong dan didistribusikan sesuai amanah pada yang membutuhkan," jelas Sekretaris Dewan Syariah Dompet Dhuafa Ustadz Ahmad Fauzi Qasim dalam keterangannya, Jumat (10/7/2020).

Baca juga: Makhluk Ini Penggali Sumur Zamzam yang Tak Pernah Kering Sepanjang Zamanย 

"Jadi boleh hukumnya seseorang tidak menyaksikan penyembelihan hewan kurbannya misalnya dikarenakan dia menitipkan kepada orang lain atau lembaga sosial untuk disembelih di daerah lain masyarakatnya sangat memerlukan," tambah Ustadz Fauzi.

Ia menegaskan, ketepatan pelaporan hewan kurban akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam berkurban yang telah dititipkan kepada orang lain maupun lembaga sosial.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini