Menag Minta Pesantren dan Sekolah Umum Patuhi Protokol Kesehatan

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 614 2246154 menag-minta-pesantren-dan-sekolah-umum-patuhi-protokol-kesehatan-k8bNfdojGg.jpg Menteri Agama RI, Fachrul Razi (Foto: website Kemenag)

MENTERI Agama RI (Menag), Fachrul Razi menyampaikan bahwa mewabahnya virus corona (Covid-19) dari China sejak akhir Desember 2019 lalu membuat masyarakat bersatu tanpa memandang status atau agama mereka, serta semakin memperkuat iman dan takwa.

Misalnya, ketika ia meresmikan salah satu pondok pesantren di wilayah Jakarta Timur.

“Saya senang, misalnya dua hari yang lalu, 12 Juli malam. Saya diundang untuk meresmikan sebuah pesantren di Jakarta Timur. Pada saat saya datang Saya tambah bersenang lagi, karena saya di sana disambut oleh tokoh lintas agama, bukan hanya oleh agama Islam yang pemilik pesantren itu saja,” katanya dalam Dialog Nasional Lintas Iman secara virtual, Selasa (14/7/2020).

Menag melanjutkan, hal tersebut memberikan pelajaran dan menunjukan sikap yang baik terhadap para santri di pesantren tersebut. Sekaligus memberikan pelajaran jika membangun iman dan takwa tidak harus bermusuhan.

"Saya juga senang baru beberapa menit yang lalu saya telah memberikan sebagai juga kirim keynote speaker menyampaikan beberapa pesan-pesan pada acara internasional webinar di IAIN Syekh Nurjati, Cirebon," tuturnya.

Baca juga: Hukum dan Waktu Melaksanakan Puasa Arafah

Selain itu Fachrul juga mengingatkan, supaya pesantren maupun sekolah-sekolah umum lainnya agar tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19, memerhatikan kesehatan, kebersihan lingkungan supaya tetap berjalan dengan baik.

“Kembali Saya berpesan, tolong perhatian kita kepada sekolah-sekolah yang berasrama ini khususnya. Tapi semua tentu saja, bahwa dalam situasi aman Covid-19 ini, mereka sudah akan mulai masuk sekolah, sebagian sudah mulai, tolong kita semua meyakinkan untuk semua mereka taat kepada protokol kesehatan, orangtuanya taat, lingkungannya taat, sekolahnya taat sehingga betul-betul semuanya bisa berlangsung baik,” terangnya.

Lebih lanjut, terkait dengan kehidupan baru ini Fachrul mengatakan, masyarakat bisa menyesuaikan dengan baik. Apalagi dengan dorongan semua tokoh-tokoh agama, tetap optimis ke depannya, serta kerukunan umat beragama agar lebih ditingkatkan.

“Karena semua pihak sangat bersimpati, sangat mendorong, sangat ingin ikut serta, sangat proaktif untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang membangun kerukunan umat beragama. Sebagaimana disampaikan oleh Bapak Wakil Presiden, ini adalah faktor utama bagi kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa,” pungkasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya