Amalkan Zikir Ini, Dosa Akan Diampuni Meski Sebanyak Buih di Laut

Rivaldy Maulana Alamsyah, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 22:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 618 2247086 amalkan-zikir-ini-dosa-akan-diampuni-meski-sebanyak-buih-di-laut-K7hz7tNfHd.JPG ilustrasi (Foto: About Islam)

SEBAGAI hamba Allah, wajib bagi kita untuk selalu mengingat-Nya kapanpun dan di manapun serta apapun kondisi kita. Banyak cara untuk mengingat Allah, salah satunya dengan mengucap kalimat zikir.

Kalimat zikir pun banyak macamnya, baik yang diambil dari Alquran maupun hadits baginda Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam.

Sekalipun kita sibuk dengan urusan dunia, jangan pernah kita melupakan Allah. Maka manfaatkanlah waktu senggang kita untuk mengingatnya, agar hati menjadi tenang.

Melansir dari laman About Islam, ada satu kalimat zikir yang mudah terucap di lisan namun berat di timbangan berpahala besar. Kalimat itu ialah سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللَّه الْعَظِيمِ (Subhanallahi wabihamdihi, subhanallahil 'azhiim). Yang artinya: "Maha Suci Allah Yang Maha Agung".

Baca juga: Ini Lho Hukumnya Mengeringkan Air Bekas Wudhu di Tubuh

Terkait kalimat zikir tersebut, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda dalam haditsnya:

كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ ، حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Artinya: “Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat ditimbangan, dan disukai Ar Rahman yaitu “Subhanallahi wa bihamdih, subhanallahil ‘azhiim” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung). (HR. Bukhari no. 6682 dan Muslim no. 2694).

Adapun dalam hadits lain Rasulullah bersabda: “Barangsiapa mengucapkan subhanallah wabihamdihi 100 kali dalam sehari, maka ia akan diampuni segala dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di laut,” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Sedangkan dalam musnad Imam Ahmad diceritakan bahwa ketika menjelang ajal Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, beliau memanggil putrinya dan berkata, “Aku perintahkan engkau agar selalu mengucapkan subhanallahi wa bihamdihi, karena kalimat tersebut merupakan doa seluruh makhluk dan dengan kalimat itulah semua makhluk mendapat limpahan rezeki,”.

Setelah mengetahui besarnya faidah kalimat zikir ini, marilah kita senantiasa membasahi lisan untuk banyak melafadzkannya, karena sesungguhnya kalimat thayyibah tersebut paling dicintai Allah dan tentunya dapat mendulang pahala yang besar.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini