Hadiri Pernikahan, Jangan Lupa Baca Doa Ini untuk Pengantin

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Minggu 26 Juli 2020 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 26 618 2252302 hadiri-pernikahan-jangan-lupa-baca-doa-ini-untuk-pengantin-h44NRMt3Zv.jpg ilustrasi (stutterstock)

DOA merupakan harapan seseorang yang dimohonkan kepada Allah SWT agar terwujud. Hendaknya saat melakukan sesuatu senantiasa iringi dengan doa agar sema hal yang ditunaikan akan berbuah kebaikan dan bernilai ibadah.

Saat menghadiri sebuah pernikahan misalnya, ada doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang berisikan harapan baik kebaikan rumah tangga.

Baca juga: Foto Bareng Shireen, Teuku Wisnu Ingatkan Pentingnya Memuji Istri seperti Nabi

Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu mengatakan Rasulullah SAW ketika menghadiri pernikahan membacakan doa ini:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Barakallaahu laka wa baraka ‘alayka wa jama’a bayna kuma fii khayr

Artinya: “Semoga berkah Allah tercurahkan kepadamu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Doa lainnya dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata, “Ketika Rasulullah SAW menikahiku, ibuku mendatangiku lalu aku dibawa masuk ke rumah, dan tiba-tiba terdapat banyak wanita Anshar di dalam rumah, lalu mereka berkata, “semoga selalu berada dalam kebaikan dan keberkahan, semoga selalu berada di atas kebaikan yang langgeng.” (HR. Bukhari)

Pendakwah kondang Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, dari riwatay Aisyah itu diketahui bahwa kita juga bisa mendoakan kebaikan dengan bahasa kita untuk orang yang menikah, tanpa melafadzkan “barakallahu laka..”

“Artinya, dalam riwayat Aisyah ini, boleh orang juga tidak menggunakan lafadz ‘barakallaahu laka wa baraka ‘alayka wa jama’a bayna kuma fii khayr’, bisa kita pakai lafadz lain. Intinya kita doakan kebaikan, keberkahan, agar Allah SWT langgengkan rumah tangganya,” kata Ustadz Khalid dalam sebuah video ceramahnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini