Perempuan Berhijab Bikin Ventilator Bantu Rumah Sakit Tangani Covid-19

Ade Naura, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 614 2252635 perempuan-berhijab-bikin-ventilator-bantu-rumah-sakit-tangani-covid-19-wyRcSqx37P.jpg Perempuan muda di Afghanistan membuat ventilator untuk rumah sakit (Video DW)

SEKELOMPOK perempuan muda dari Tim Robotik Afghanistan atau Afghan Girls Robotic Team mencoba membuat ventilator, karena sejumlah rumah sakit di Afghanistan kekurangan alat bantu pernapasan akibat wabah Covid-19.

Prototype ventilator yang dibuat dengan memanfaatkan waktu libur sekolah akibat virus corona tersebut nantinya akan diberikan kepada rumah sakit.

Dalam sebuah tayangan video di DW.com, Senin (27/7/2020), disebutkan bahwa para wanita muda ini memulai membuat ventilator sejak Mei 2020. Mereka diberikan tips oleh seorang spesialis dari Universitas Harvard Amerika Serikat. Hanya buth 3 bulan untuk menyelesaikan prototype ini.

Baca juga:Β Keren Abis, Ini 4 Inspirasi Busana Hijab Layering Style ala Wirda Mansur

Ide ventilator ini didapatkan dari Institut Teknologi Massachusetts, yang menghabiskan biaya 20.000 dollar. Sementara ventilator yang dibuat oleh para wanita muda Afghanistan ini hanya berkisar 7.000 dolar.

β€œKita berencana untuk membuat ventilator di Afghanistan karena jumlah dari mesin ini masih sangatlah rendah. Kami harap bisa digunakan di rumah sakit- rumah sakit,” ujar seorang gadis di Tim Robotik ini.

Sampai saat ini, sudah lebih dari 35.000 orang di Afghanistan yang positif terinfeksi virus corona. Lebih dari seribu orang meninggal akibat virus ini.

Saat ini hanya ada 8.000 ventilator di seluruh Afghanistan. Semuanya adalah barang impor dengan harga mahal.

Prototype yang diciptakan oleh para wanita muda ini akan sangat berguna bagi situasi yang ada saat ini.

β€œPara wanita muda Afghanistan sedang menciptakan ventilator. Nanti akan dievaluasi kualitasnya terlebih dahulu, akan dilakukan percobaan pada manusia, dan baru bisa digunakan di dalam rumah sakit. Kami sangat hargai kerja keras mereka,” kata Ahmad Jawad Osmani, Menteri Kesehatan Afghanistan.

Bahkan di Kabul, Ibu Kota Afghanistan masih kekurangan tenaga medis andal dan teknologi untuk menangani virus corona. Namun, para wanita muda Afghanistan ini akan mencoba membuat perubahan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya