Hujan Mengiringi Penggantian Kain Kiswah Penutup Kakbah

Hantoro, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 614 2254302 hujan-mengiringi-penggantian-kain-kiswah-penutup-kakbah-KwRhoNUBHT.jpg Penggantian kain kiswah Kakbah. (Foto: Saudigazette)

KAIN kiswah penutup Kakbah telah diganti pada Rabu malam. Penggantian kiswah Kakbah kali ini dilakukan di bawah guyuran hujan. Air hujan yang turun awalnya hanya rintik-tintik, tapi beberapa saat kemudian sempat deras.

Guyuran hujan ini tidak sampai menghentikan prosesi penggantian kiswah Kakbah. Sejumlah petugas tampak terus melakukan urutan penggantian kain penutup bangunan suci tersebut meski diguyur air hujan.

Baca juga: Penggantian Kain Kiswah Penutup Kakbah Dimulai Rabu Malam 

Para petugas pun mengenakan jas hujan, sambil ada juga yang membawa alat pembersih air. Kemudian dengan menggunakan tangga, kain kiswah Kakbah dibuka mulai bagian atas hingga bawah. Selanjutnya diganti dengan yang baru.

Wakil Kepala Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci sekaligus Direktur Jenderal Kompleks Raja Abdul Aziz untuk Kakbah, Ahmed bin Mohammed Al Mansouri, mengatakan kiswah baru Kakbah terdiri dari empat sisi dan sitar (tirai) untuk pintu.

Masing-masing dari empat bagian kiswah Kakbah diangkat secara terpisah, lalu direntangkan di sisi kain yang lama. Pemasangan dilakukan dari bagian atas dengan mengikatnya, kemudian menjatuhkan kain kiswah yang lama dengan menggunakan tali.

Selanjutnya mengangkat kain baru ke atas. Kemudian kain lama diangkat dari bawah. Proses ini diulang empat kali untuk setiap bagian sampai selesai dan sabuk dijahit dalam garis lurus dengan empat sisi.

Baca juga: Cerita di Balik Pemilihan Warna Kain Kiswah Penutup Kakbah 

"Prosesnya dimulai dari sisi Hateem (dinding setengah lingkaran di seberang dinding barat laut Kakbah), karena Al Mizab (semburan air hujan yang terbuat dari emas) memerlukan pembukaan khusus di bagian atas. Setelah memasang kiswah di semua sisi, sudut-sudutnya diperbaiki dengan menjahitnya dari atas kain ke bawah," papar Al-Mansouri, dikutip dari Saudigazette, Kamis (30/7/2020).

Ia melanjutkan, kemudian tirai besarnya dipasang dengan membuat lubang kecil sekira 3,30 meter. Tiga lubang lainnya dibuat untuk meletakkan tirai di bawah kain. Lalu sisi-sisinya dijahit di kain tersebut.

Kain kiswah penutup Kakbah. (Foto: Istimewa/The Islamic Information)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Al Mansouri menambahkan bahwa kain kiswah Kakbah terbuat dari 670 kilogram bahan berkualitas tinggi. Sutra berkualitas, 120 kg benang emas, dan 100 kg benang perak.

Sebanyak 200 perajin Arab Saudi terlibat dalam memproduksi kain kiswah Kakbah ini di Kompleks Raja Abdul Aziz.

Baca juga: Alasan Kain Kiswah Kakbah Dinaikkan Setiap Mendekati Puncak Ibadah Haji 

Kain kiswah penutup Kakbah. (Foto: Istimewa/Arabnews)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya