Ganjil-Genap Kembali Berlaku, Amalkan Doa Ini saat Naik Kendaraan

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 02:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 614 2256367 ganjil-genap-kembali-berlaku-amalkan-doa-ini-saat-naik-kendaraan-iLCIBmDwGY.jpg Jalan Sudirman, Jakarta Pusat saat PSBB pada 15 April 2020 (Okezone.com/Arif)

PEMPROV DKI Jakarta kembali memberlakukan sistem ganjil-genap di jalanan Ibu Kota mulai Senin 3 Agustus 2020, untuk membatasi pergerakan warga dalam rangka mencegah penularan Covid-19. Ganjil-genap berlaku normal lagi di 25 titik, setelah sempat ditiadakan sejak medio Maret lalu.

Pemberlakuan ganjil-genap ini diyakini bisa membuat orang kembali beralih ke kendaraan umum untuk bepergian maupun berangkat kerja.

Nah, apapun kendaraan yang dinaiki, ada baiknya membaca doa dulu memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Ini tentu saja tak sia-sia, karena ada pahala menyertai.

Baca juga: Sunah Rasulullah Terbukti Ilmiah, Makan-Minum Sambil Duduk Ternyata Lebih Sehat 

Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan, doa sebaiknya dibaca saat menginjakkan kaki di atas kendaraan. Diawali dengan membaca basmallah atau bismillah tiga kali.

Kemudian setelah di dalam kendaraan hendaknya mengucapkan hamdallah atau Alhamdulillah.

Lalu lanjut membaca doa di atas kendaraan baik mobil, sepeda motor, kapal, pesawat, kereta api hingga sepeda.

Doanya seperti tertulis dalam Alquran Surah Az Zuhruf ayat 13, lafazdnya sebagai berikut:

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Artinya: “Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Setelah itu ketika dalam perjalanan juga membaca kalimat-kalimat Illahi, yakni hamdallah sebanyak tiga kali, takbir tiga kali dan membaca:

سُبْحَانَكَ إِنِّى قَدْ ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku telah menzholimi diriku sendiri, maka ampunilah aku karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau).” (HR. Muslim).

Asroni menambahkan, amalan sunah seperti bersholawat juga sangat bagus dilakukan ketika sedang dalam perjalanan.

"Amalan yang dilakukan dalam perjalanan selain doa adalah zikir, istighfar dan tasbih. Kemudian memperbanyak baca shalawat, karena amalan sholawat cocok ditempatkan di mana pun dan kapan pun,” ujar Asroni.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini