Zaitun, Buah yang Diberkahi Kegemaran Rasulullah

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 20:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 614 2256987 zaitun-buah-yang-diberkahi-kegemaran-rasulullah-jFuIIcW8vm.JPG Buah Zaitun (Foto: saferkidsandhomes)

SAAT ini minyak zaitun digunakan untuk berbagai hal, seperti perawatan rambut, wajah, tubuh, hingga jadi bahan masakan. Ternyata zaitun merupakan buah yang diberkahi Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan keberadaannya pun tertulis di dalam Alquran dan hadits Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Makanlah buah zaitun dun gunakanlah ia sebagai minyak, karena ia tumbuh dari pohon yang diberkahi,” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يُوقَدُ مِن شَجَرَةٍ مُّبَٰرَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِىٓءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ ۚ نُّورٌ عَلَىٰ نُورٍ ۗ...

(...yụqadu min syajaratim mubārakatin zaitụnatil lā syarqiyyatiw wa lā garbiyyatiy yakādu zaituhā yuḍī`u walau lam tamsas-hu nār, nụrun 'alā nụr...).

Baca juga: Alquran Ungkap Fakta Mengagumkan Dialami Otak Manusia pada Usia 40 Tahun

Artinya: "...yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis)..." (QS. An Nur: 35).

Dilansir dari Buku Pintar Sains dalam Alquran karya Dr. Nadiah Thayyarah, Al-Qurthubi mengatakan, zaitun memiliki sejumlah manfaat, di antaranya dapat dijadikan minyak dengan cara memeras buahnya. Minyak itu bisa digunakan sebagai lauk-pauk, minyak oles, dan bahan bakar.

“Buah zaitun mengandung banyak manfaat. Dialah pohon yang pertama kali tumbuh di bumi, pertama kali tumbuh kembali setelah peristiwa banjir Nuh, dan tumbuh di rumah-rumah para Nabi dan sejumlah tempat suci. Ia bahkan didoakan dengan keberkahan oleh 70 orang Nabi,” kata Al-Qurthubi.

Allah pun menyebutkan, bahwa pohon zaitun adalah tanaman yang diberkahiNya. Kemudian, Rasulullah dan para sahabat menganjurkan pemanfaatan zaitun. Nabi bersabda: “Makanlah buah zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak,”.

Hadits tersebut diakui sebagai salah satu mukjizat medis. Sejumlah riset kedokteran modern menegaskan, bahwa minyak zaitun punya peran penting bagi pencegahan kanker kulit akibat paparan sinar matahari jika dioleskan pada kulit.

Oleh karenanya, para sahabat Rasulullah yang sering bekerja di bawah terik matahari, di padang pasir kerap menggunakannya. Di sinilah letak hikmah medis dari minyak zaitun untuk mencegah penyakit kulit dan kanker akibat paparan sinar matahari.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: "..dan pohon (zaitun) keluar dari bukit Sinai menghasilkan minyak dun pewarna makanan bagi orang-omng yang makan,” (Al-Mu'minun: 20).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini