5 Fenomena Lafadz Allah yang Sempat Hebohkan Jagat Maya

Rizka Diputra, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 614 2260302 5-fenomena-lafadz-allah-yang-sempat-hebohkan-jagat-maya-iPFEa7Hza9.JPG Foto satelit fenomena tulisan berlafadz Allah di Sawah Lunto, Sumatera Barat (Foto: Google Earth)

WARGA Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) digegerkan oleh foto citra satelit yang menunjukkan fenomen bertuliskan lafadz Allah. Tulisan tersebut berada di daerah Talawi yang berjarak empat kilometer arah utara Sawahlunto.

Foto tersebut pertama kali diunggah ke media sosial oleh Ade Rahardian, seorang relawan kebencanaan di Sumbar. Awalnya, ia mengaku baru saja menginstal handphonenya dan mengunduh aplikasi google earth dan secara tidak sengaja menemukan gambar tersebut.

“Saya tidak sengaja mencari-cari tahu sekitar daerah Sawahlunto. Saya lihat dan putar-putar peta kok ada lafadz Allah. Kemudian saya zoom benar-benar berlafadz Allah, apakah bentuknya persawahan atau lereng bukit saya kurang tahu,” kata Ade.

Fenomena lafadz Allah sebenarnya sudah sering terjadi di Tanah Air. Fenomena tersebut bisa berupa bentukan awan hingga tulisan timbul pada sebuah telur. Berikut Okezone rangkum beberapa fenomena lafadz Allah yang pernah terjadi di Indonesia:

1. Telur ayam berlafadz Allah

Humaira Abdun (12) tak pernah menduga bahwa suatu pagi, Selasa 6 Februari 2018 dirinya akan menemukan suatu keanehan pada sebutir telur ayam yang dibeli di warung dekat rumahnya di Kelurahan Lawangirung Lingkungan III Kecamatan Wenang, Manado, Sulawesi Utara.

Telur Lafadz Allah di Manado

Pasalnya, siswi Kelas 1 SMP Muhammadiyah itu merasa ada yang aneh terhadap telur tersebut yang ketika dipegangnya terasa kasar saat diraba. "Telur itu saya raba terasa lain dan kasar, saya pun pulang menunjukkan pada ibu saya," ujar Najwa kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Heboh Awan Tsunami di Langit Aceh, Ini Penjelasan Awan dalam Alquran

Setelah diperhatikan dengan cermat dan teliti, ternyata pada kulit telur ayam tersebut tertulis lafadz Allah dalam bentuk timbul. Najwa mengaku sering membeli di warung tersebut, namun baru kali ini menemukan keanehan terhadap telur yang dibelinya dengan harga Rp2.500,-

Sebelumnya Najwa mengaku tidak mendapat firasat apa-apa, namun, Nurniyati Abdun (40) Ibunda Najwa mengaku malam sebelum kejadian ia bermimpi didatangi oleh dua orang berperawakan seperti haji.

2. Awan berlafadz Allah di Purwakarta

Warga Purwakarta dihebohkan dengan fenomena alam langka di langit Purwakarta, Jawa Barat pada Sabtu, 7 Oktober 2017 malam. Mereka melihat awan berlafadz Allah di antara cahaya bulan yang muncul sebelah timur laut.

Awan Berlafadz Allah

Fenomena langka itu banyak diabadikan kamera telefon genggam oleh masyarakat dan kemudian mereka unggah ke media sosial. Seperti yang dilakukan akun Facebook bernama Wulan Ameliawati.

"Subhanallah fenomena langka awan berlapadkan Allah," tulisnya memberikan caption pada foto awan membentuk lafadz Allah itu.

3. Awan lafadz Allah di Makassar

Media sosial kembali dihebohkan dengan kemunculan awan yang disebut berlafadz Allah di langit kampus Unismuh Makassar. Peristiwa itu terekam kamera hingga menjadi viral di media sosial.

Awan Berlafadz Allah di Makassar

Dalam keterangan video, dijelaskan awan tersebut muncul bertepatan saat para mahasiswa akan melakukan unjuk rasa. Namun belum diketahui persis kapan terjadinya peristiwa tersebut. Namun disebutkan bahwa fenomena itu terjadi pada Oktober 2019 lalu.

"Lafadz Allah terlihat di atas kampus Unismuh Makassar saat para mahasiswa ingin melakukan aksi unjuk rasa," tulis keterangan akun @fakta.indo.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Awan lafadz Allah di langit Pantai Losari

Warganet dihebohkan dengan foto gumpalan awan yang bentuknya sekilas mirip lafadz Allah di langit Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.

Foto tersebut mengundang banyak tanggapan di media sosial. Foto awan tersebut pertama diunggah akun Facebook Fuad Said.

Awan Berlafadz Allah

“Awan yang menyerupai lafadz Allah muncul di langit Pantai Losari tepat di atas tulisan City of Makassar,” tulisnya, Kamis 9 Februari 2017.

Fuad mengaku, tidak sengaja mengambil foto-foto tersebut. Awalnya, kata dia, awan pagi itu bergerak seperti biasa lalu membentuk lafadz Allah. Saat itulah ia menjepretnya.

5. Dahi bayi berlafadz Allah

Sepasang suami-istri (pasutri) di Kalimantan Selatan, Saiful dan Dewi Agustina merasa bahagia atas kelahiran seorang bayi yang parasnya mengejutkan dan tiada pernah mereka duga sebelumnya.

Dahi Bayi berlafadz Allah

Bagaimana tidak, Dewi istri Saiful melahirkan seorang bayi yang dahi sebelah kanannya bertuliskan lafadz Allah. Bayi yang lahir dari proses operasi tersebut menyapa dunia pada Selasa, 3 April 2018.

Lahir pada pukul 13.30 Wita selepas zhuhur, bayi ini kemudian menjadi perbincangan warganet di media sosial, Facebook dan Instagram, alias viral. Bayi tersebut terlahir sehat tanpa kurang satu apapun. Saiful dan Dewi mencukupi kebutuhan hidup mereka dengan menjadi nelayan, kehadiran bayinya tentu membawa banyak karunia bagi kedua orangtuanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini