Utang Menumpuk? Baca Doa Ini agar Dilunasi Allah

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 618 2261623 utang-menumpuk-baca-doa-ini-agar-dilunasi-allah-dVOH0nZniE.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

DI MASA sulit saat pandemi Covid-19, sebagian orang terpaksa harus berutang, akibat keadaan ekonomi yang terpuruk. Sedangkan untuk melunasinya tentu harus ada usaha atau ikhtiar serta memperbanyak berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

"Selain membaca doa melunasi utang, kita harus berikhtiar menjemput rezeki," ujar Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Ustadz Asroni Al Paroya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Berikut ini adalah doa agar utang segara terlunasi. Dari Suhail, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam berkata, Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan:

Baca juga: Berdoa secara Berlebihan Ternyata Tidak Disukai Allah Ta'ala

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Artinya: "Yaa Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Alquran). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran," (HR. Muslim no. 2713).


Lebih lanjut, kata Ustadz Asroni, doa tersebut dapat disunahkan dibaca sebelum tidur. Tentunya juga kita memiliki wudhu, sebagaimana disunahkan Rasulullah hendaknya tidur dalam keadaan suci.

"Ini sebagai upaya agar Allah mengabulkan doa atau keinginan hambaNya yang sedang memiliki utang dan sulit untuk melunasinya," terangnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini