Kenapa Sih Rasulullah Larang Umatnya Tidur Tengkurap?

Jum'at 14 Agustus 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 614 2262041 kenapa-sih-rasulullah-larang-umatnya-tidur-tengkurap-MmUOGhlnol.JPG Ilustrasi (Foto: Boldsky)

TIDUR merupakan kebutuhan setiap manusia untuk beristirahat mengembalikan kebugaran tubuh. Posisi tidur bisa bermacam-macam. Namun, ada posisi tidur yang ternyata sangat dilarang oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam terhadap umatnya.

Melansir dari laman Kalam Sindonews, Jumat (14/8/2020), tidur dengan posisi tengkurap tidak menyehatkan lantaran menghambat kerja jantung dan pernapasan. Sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Abu Dawud: "Sesungguhnya posisi tidur tengkurap itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla," (HR. Abu Dawud).

Dalam hadits lainnya, disebutkan Abu Dzar, ia berkata, Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam lewat di hadapanku dan ketika itu aku sedang tidur tengkurap. Beliau menggerak-gerakkanku dengan kaki beliau. Beliau pun bersabda: "Wahai Junaidib, tidur seperti itu seperti berbaringnya penduduk neraka,".

Beliau juga membenci tidur sebelum Sholat Isya dan beliau tidak menyukai obrolan setelah waktu Isya. Demikian hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Khuzaimah.

Baca juga: Bolehkah Rayakan HUT RI dengan Dangdutan? Begini Kata Ustadz Abdul Somad

Diriwayatkan dari Abu Barzah radhiyallahu anhu, beliau berkata; “Bahwasanya Rasulullah membenci tidur malam sebelum Sholat Isya dan berbincang-bincang yang tidak bermanfaat setelahnya,” (HR. Bukhari Muslim).

“Jadi, tidak ada istilah begadang dalam Islam, meskipun kita nampaknya untuk mengerjakan hal-hal baik tetapi kalau itu menguras waktu dan tenaga kita sehingga merusak istirahat dan ibadah malam kita, maka tidurlah lebih awal karena itu lebih utama,” ucap dai kondang KH Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym yang dikutip dari channel YouTubenya, Aagym Official.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini