Ustadz Adi Hidayat Ungkap 4 Manfaat Sholat Tahajud, Nomor 1 Karier Terbaik

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 330 2264544 ustadz-adi-hidayat-ungkap-4-manfaat-sholat-tahajud-nomor-1-karier-terbaik-o6xzqxmrew.jpg Ilustrasi sholat. (Foto: Shutterstock)

SHOLAT tahajud adalah ibadah sunah yang sedikitnya dilakukan dua rakaat dan waktunya pada waktu malam hari, tepatnya di sepertiga malam. Sholat tahajud dianggap sebagai ibadah sholat sunah yang paling istimewa, sebab memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi yang menjalankannya.

Manfaat sholat tahajud tidak hanya untuk di dunia, melainkan jadi tabungan di akhirat kelak. Sholat tahajud bisa dikerjakan kapan pun dalam kurun waktu setelah Isya sampai masuknya waktu Subuh. Namun waktu yang paling dianjurkan adalah sepertiga malam terakhir. Sebab itu merupakan waktu mustajab untuk berdoa, memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Jangan Berprasangka Buruk Terhadap Ketetapan Allah! 

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

"Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam." (HR An Nasa’i)

Saking istimewanya sholat tahajud, bahkan jika berniat melaksanakannya, tetapi tidak terbangun, masih tetap mendapat pahala sholat tahajud yang luar biasa.

"Orang yang rajin tahajud akan mendapatkan empat keutamaan yang tidak didapatkan oleh orang-orang yang tidak tahajud, sekalipun sholat fardhunya begitu khusyuk," ujar Ustadz Adi Hidayat, dikutip dari akun Youtube Ceramah Pendek, Rabu (19/8/2020).

Ilustrasi sholat. (Foto: Freepik)

Apa saja keutamaan tersebut?

1. Diangkat ke tempat terpuji

Allah Subhanahu wa ta'ala akan mengangkat karier pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan ke tempat yang terbaik. Tempat yang terbaik bukan hanya puncak paling tinggi seperti direktur, tetapi tempat yang terbaik yang membuat hidup nyaman dan tenang.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

"Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS Al-Isra': 79)

2. Dibimbing Allah

Allah Subhanahu wa ta'ala akan membimbing setiap kali tahajud sehingga menjalani awal pekerjaan atau aktivitas dengan mudah.

3. Diberi jalan keluar terbaik

Allah Subhanahu wa ta'ala akan memberikan jalan keluar terbaik dari persoalan yang dihadapi. Bukannya tidak diberikan ujian oleh Allah, namun sebelum diuji, Allah ringankan masalahnya sehingga mudah dilalui.

Baca juga: Cerita Ustadz Adi Hidayat Akrab dengan MUI Sejak Kecil 

4. Langsung ditolong Allah

Allah Subhanahu wa ta'ala akan menolong langsung orang yang sholat tahajud ketika ada orang di sekitarnya yang akan menyakiti.

Itulah keutamaan yang hanya didapatkan oleh orang-orang yang sholat tahajud dikatakan oleh Ustadz Adi Hidayat.

Tidak hanya itu, sholat tahajud merupakan kunci untuk masuk surga. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلاَمَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَصِلُوا الأَرْحَامَ وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ

"Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturahim, dan sholatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat." (HR Ibnu Majah)

Dalam Surah Az Zariyat Ayat 15–18 telah dijelaskan bahwa, "Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik, mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam, dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah)."

Betapa dahsyatnya keutamaan sholat tahajud yang akan didapatkan di dunia maupun di akhirat kelak. Semoga dapat memotivasi untuk lebih semangat dan giat menjalani sholat tahajud dengan baik dan benar.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Baca Alquran Terbata-bata Dapat Pahala 2 Kali, Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat 

Ilustrasi sholat. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini