Yuk Baca Surah Yasin di Bulan Muharram, Banyak Berkahnya Lho

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2020 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 614 2264888 yuk-baca-surah-yasin-di-bulan-muharram-banyak-berkahnya-lho-YbOokop1oB.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KETUA Pengurus Cabang Jam'iyatul Qurra' wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQH NU), Depok, Ustadz Imam Nafi' Junaidi mengatakan, bulan Muharram memiliki banyak sekali keutamaan. Termasuk membaca Surah Yasin, khususnya di malam Jumat.

"Sepengetahuan saya, membaca Yasin di bulan Muharram berpahala seperti membacanya di bulan yang lain," katanya saat dihubungi Okezone, Kamis (20/8/2020).

Ia melanjutkan, pahala membaca Alquran satu huruf sama dengan 10 kebaikan. Hal ini dikarenakan Muharram merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Serta peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan Islam pun terjadi di bulan tersebut.

"Maka membaca Yasin di bulan ini (Muharram) menjadi mulia juga," terangnya.

Baca juga: Buya Yahya: Amalan di Bulan Muharram Harus Bersandar pada Hadits Shahih

Seperti dijelaskan oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda:

قَالَ رَسُوْلُ الله ـ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَنْ قَرَأَ يٰسۤ فَيْ لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُوْرًا لَهٗ

Artinya: "Bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: Barangsiapa membaca Yasin pada malam harinya, maka paginya dia diampuni dosanya," (HR. Abu Ya’la).

Khususnya membaca Surah Yasin di malam Jumat. Maka keberkahan serta pahala akan melimpah kepada muslim yang membacanya. Apalagi diamalkan saat bulan Muharram, tentu pahalanya akan semakin besar.

Sementara itu dikutip dari laman Mushola Miftahul Huda, terdapat sunah-sunah yang dapat dilakukan di bulan Muharram. Salah satunya membaca Surah Yasin.

Membaca Surah Yasin ini dilakukan bakda Sholat Magrib sebanyak tiga kali, dan harus sudah selesai sebelum masuk Sholat Isya. Apabila tidak bisa membaca maka bisa diganti dengan membaca istighfar sebanyak mungkin.

Usai membacakan Surah Yasin pertama, lalu dilanjutkan dengan membaca doa: "Yaa Allah berikanlah ketetapan Iman Islam dan menjadi bagian dari Ahlussunah Wal Jamaah,".

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sesudah selesai membacakan Surah Yasin yang kedua, maka dilanjutkan dengan membacakan doa: "Yaa Allah ampunilah dosa-dosa hamba di dunia dan akhirat secara lahir dan batin dan atas dosa dosa kedua orangtua serta umat Islam semua,".

Sesudah selesai membacakan Surah Yasin yang ketiga, maka dilanjutkan dengan membacakan doa, Yaa Allah berikanlah hamba umur panjang yang bermanfaat, kelimpahan rezeki yang baik dan halal dan kelak meninggal dengan khusnul khotimah, tenteram nyaman dan selamat dunia akhirat.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang empat itu, dan perangilah musyrikin semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. At-Taubah: 36).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya