Ayah Cakra Khan Wafat, Ini Doa untuk Orangtua yang Sudah Tiada

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 21 Agustus 2020 18:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 614 2265498 ayah-cakra-khan-wafat-ini-doa-untuk-orangtua-yang-sudah-tiada-qPqmpSWLv3.jpg Ayahanda Cakra Khan wafat pada Jumat 21 Agustus 2020 pagi. (Foto: Instagram @cakra.khan)

INNALILLAHI wa innalilaihi rajiun. Kabar duka datang dari penyanyi Indonesia Cakra Khan. Ayah kandungnya meninggal dunia pada Jumat 21 Agustus 2020 pagi tadi.

"Iya betul. Berpulang tadi pagi," kata pria asal Pangandaran, Jawa Barat, itu saat dikonfirmasi media, Jumat (21/8/2020).

Kemudian Cakra Khan membagikan kenangan bersama ayahnya tersebut di akun Instagram miliknya. Ia menunjukkan betapa kehilangan karena orangtuanya telah berpulang.

"Sebagai seorang Muslim sudah sepatutnya ketika mendengar orang meninggal adalah mengucapkan Innalillahi wa inna illaihi rajiun," kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin kepada Okezone belum lama ini.

Baca juga: Ustadz Insan Mokoginta Pembimbing Roger Danuarta Jadi Mualaf Meninggal Dunia 

Ilustrasi berdoa. (Foto: Shutterstock)

Berikut ini doa ketika mendengar orang meninggal dunia:

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ، اللَّهُمَّ أْجُرْنِيْ فِيْ مُصِيْبَتِيْ، وَأَخْلِفْ لِيْ خَيْرًا مِنْهَا

Innaa Lillaahi Wainnaa Ilaihi Raaji'uun, Allaahumma'jurnii Fii Musiibatii Waahliflii Khairan Minha

"Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, berilah pahala kepada atas musibahku ini dan gantilah untukku yang lebih baik darinya."

Lebih lanjut, kata dia, ketika ditinggal meninggal dunia oleh orangtua seperti ayahanda Cakra Khan, alangkah baiknya ikhlas, tawakal, dan lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan cara mendoakannya.

"Ketika kita ditinggalkan wafat oleh orang yang dicintai, ini adalah waktu yang tepat untuk mencari ridha Allah," terangnya.

Baca juga: Baca Ini, Rasulullah Jamin Doamu Diijabah Allah Ta'ala 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain itu, salah satu doa untuk keluarga yang sudah meninggal lebih dulu, bacaannya seperti di ini:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لها وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَنْها وَأَكْرِمْ نُزُلَها وَوَسِّعْ مُدْخَلَها وَاغْسِلْها بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّها مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْها دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِها وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِها وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِها وَأَدْخِلْها الْجَنَّةَ وَأَعِذْها مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahaa warhamhaa wa ‘asfihaa wa fu’anhaa wakrim nudzulahaa wawasi’ mudholahaa wagsilhaa bilmaai watsalji wal barodi wanaqqohaa min khotooyaa kamaa naqoitats tsaubal abyado minad danasi wabdilhaa daarol khoiron min daarihaa eaahlan khoiron min ahlihaa wajaudzan khoiron nin jaudzihaa waadhilnaj jannata wa a’idzhaa min adzaabil qobrii au min adzabin naar.

"Ya Allah. Ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke surga, jagalah dia dari siksa kubur dan neraka."

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tahun Baru Islam Isi dengan Spirit Hijrah Gotong Royong Hadapi Covid-19 

Ilustrasi berdoa. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya