Setelah Hagia Sophia, Turki Ubah Bangunan Bersejarah Gereja Chora Jadi Masjid

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 22 Agustus 2020 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 22 614 2265659 setelah-hagia-sophia-turki-ubah-bangunan-bersejarah-gereja-chora-jadi-masjid-DKpUBfU9Dr.jpg Bangunan bersejarah Gereja Chora atau Museum Kariye di Istanbul, Turki, dikembalikan fungsinya menjadi masjid. (Foto: Wikipedia)

PRESIDEN Turki Recep Tayyip Erdogan telah memerintahkan jajarannya mengubah Gereja Chora atau Museum Kariye menjadi masjid. Museum Kariye di Kota Istanbul dahulu adalah gereja ortodoks kuno yang sempat diubah menjadi masjid, dan terakhir menjadi museum.

Mengutip dari Al Jazeera, Sabtu (22/8/2020), keputusan mengubah Gereja Chora atau Museum Kariye menjadi masjid hanya berlangsung sebulan setelah langkah serupa untuk Hagia Sophia yang diakui sebagai Warisan Dunia UNESCO. Keputusan ini dipublikasikan di surat kabar resmi Turki pada Jumat 21 Agustus 2020.

Baca juga: Hagia Sophia Gelar Sholat Idul Adha, Jamaah Membeludak hingga Pelataran 

Sejarah bangunan berusia 1.000 tahun ini sangat mirip dengan Hagia Sophia, tetangganya yang lebih besar dan bersejarah di tepi barat Tanduk Emas di sisi Eropa Istanbul.

Chora adalah sebuah gereja Bizantium abad pertengahan yang dihiasi lukisan dinding Penghakiman Terakhir abad ke-14 yang tetap berharga di dunia Kristen. Awalnya diubah menjadi Masjid Kariye setengah abad setelah penaklukan Konstantinopel pada 1453 oleh Turki Ottoman.

Diubah menjadi Museum Kariye setelah Perang Dunia II saat Turki mendorong terciptanya republik baru yang lebih sekuler dari Kekaisaran Ottoman. Sekelompok sejarawan seni Amerika kemudian membantu memulihkan mozaik gereja asli dan membukanya untuk umum pada 1958.

Namun, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam beberapa tahun terakhir lebih menekankan pada pertempuran yang mengakibatkan kekalahan Bizantium oleh Ottoman.

Hagia Sophia. (Foto: Shutterstock)

Pengadilan Membatalkan Keputusan Tahun 1945

Tahun lalu Pengadilan Administrasi Tertinggi Turki membatalkan keputusan tahun 1945 yang mengubah bangunan bersejarah Chora, dikenal sebagai Kariye dalam bahasa Turki, menjadi museum yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan setempat.

Pada hari Jumat, sebuah dekrit yang ditandatangani Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan diterbitkan dalam surat kabar resmi Turki menyatakan "pengelolaan Masjid Kariye dipindahkan ke Direktorat Urusan Agama, dan (masjid) dibuka untuk beribadah."

Museum yang terletak di dekat tembok kota kuno ini terkenal dengan mosaik dan lukisan dindingnya yang rumit. Itu berasal dari abad ke-4, meskipun bangunan itu mengambil bentuknya saat ini pada abad ke-11 hingga 12.

Baca juga: Muadzin Masjid Hagia Sophia Meninggal Dunia 

Turki Kecam "Agenda Palsu" Yunani

Sementara itu Kementerian Luar Negeri Turki menanggapi pernyataan Yunani bahwa keputusan mengubah museum menjadi masjid adalah "provokasi". Dijelaskan bahwa Turki melindungi semua aset budayanya "dengan cermat".

Kementerian meminta Athena menyediakan fasilitas yang diperlukan bagi umat Islam di negara itu untuk dapat menjalankan ibadah mereka. "Upaya Yunani untuk membuat agenda palsu pasti gagal," kata pihak Turki, dikutip dari TRT World.

Warga Bergegas Sholat

Pada hari Jumat kemarin beberapa warga Istanbul bergegas datang ke bangunan bersejarah Chora. Beberapa orang berharap mengadakan sholat di sana.

"Seperti Hagia Sophia, ini adalah masjid penting bagi umat Islam," kata warga Istanbul bernama Cuma Er, sebagaimana dilaporkan Anadolu Agency.

Baca juga: Cerita Qari Aceh Diundang Erdogan Lantunkan Alquran di Hagia Sophia 

"Kami datang ke sini untuk sholat setelah mengetahui tentang keputusan itu. Tapi kami telah diberi tahu bahwa itu belum dibuka untuk sholat. Kami menunggu pembukaannya."

Bulan lalu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bergabung dengan ratusan jamaah untuk sholat perdana setelah 86 tahun di bangunan bersejarah Hagia Sophia. Sebanyak 350.000 mengambil bagian dalam sholat berjamaah di luar Hagia Sophia.

Baca juga: Hagia Sophia Jadi Masjid, Gli si Kucing Penjaga Boleh Tetap Tinggal 

Gereja Chora di Istanbul, Turki, dikembalikan menjadi masjid. (Foto: Wikipedia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini