Tambah 3.003 Kasus Baru, Baca Doa Ini agar Terlindung dari Covid-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 618 2269162 tambah-3-003-kasus-baru-baca-doa-ini-agar-terlindung-dari-covid-19-ttevAECri6.JPG Ilustrasi (Foto: Twitter/@HaramainInfo)

BERDASARKAN data Kemenkes yang dipublikasikan Humas BNPB pada hari ini, Jumat 28 Agustus 2020 hingga pukul 12.00 WIB tercatat sebanyak 33.082 spesimen telah diperiksa. Dari pemeriksaan itu dilaporkan terjadi rekor baru dalam hal penambahan jumlah kasus positif Covid-19 di Tanah Air.

Ya, hari ini tercatat penambahan sebanyak 3.003 kasus atau memecahkan rekor sebelumnya sebanyak 2.719. Total kasus positif hingga Jumat (28/8/2020) pun bertambah signifikan menjadi 165.887 orang.

Sebagai seorang muslim, selain ikhtiar, seseorang juga dianjurkan untuk berdoa memohon agar dijauhkan dari segala petakan maupun wabah penyakit.

Terkait hal ini, Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia, Ustadz Fauzan Amin menyatakan, salah satu cara menangkal wabah penyakit seperti Covid-19 adalah dengan memperbanyak doa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala serta menjalankan pola hidup sehat.

Baca juga: Gemar Bermaksiat? Jangan Sedih, Allah Buka Pintu Tobat Seluas-luasnya

"Ada banyak doa yang dapat dibaca untuk menghindari penularan wabah penyakit (seperti Corona)," kata Ustadz Fauzan saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Salah satu doa tersebut yaitu:

اللهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الغَلا وَالوَبَاء وَالرِّبا وَالزِّنا وَالزَّلازِلَ وَالمِحَنَ، وَسُوءَ الفِتَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا

وَما بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلادِ المُسْلِمِينَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أِرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Artinya: "Ya Allah, angkat dari kami penyimpangan, malapetaka, zina, riba, gempa bumi, bencana, dan segala cobaan yang buruk, baik yang nyata maupun yang tersembunyi, dari negeri kami ini khususnya, dan dari semua negeri kaum muslimin, dengan RahmatMu, Duhai Yang Maha Penyayang,".


Sedangkan doa lain yang bisa dibaca agar terhindar dari penyakit menular yakni:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئِ اْلأَسْقَامِ

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra, dan dari segala keburukan segala macam penyakit," (HR. Abu Daud Nomor 1.554; Ahmad, 3: 192, dari Anas radhiallahu anhu. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih).

Para ulama Tanah Air juga percaya Sholawat Thibbil Qulub atau dikenal sebagai Sholawat Syifa juga bisa menangkal wabah dan bala.

"Para ulama menyusun konten-konten sholawat yang sesuai dengan isi hajat. Salah satunya Sholawat Thibbil Qulub, salah satu isinya memohon kesehatan dan afiat," kata pendakwah Muhammad Azhari Nasution.

Adapun bacaan Sholawat Thibbil Qulub yang bisa diamalkan untuk mencegah berbagai penyakit seperti Covid-19:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Artinya: "Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya,".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini