Keberadaan Kapal-Kapal Besar Sudah Tertulis di Alquran, Jauh Sebelum Berkembangnya Teknologi

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 614 2270106 keberadaan-kapal-kapal-besar-sudah-tertulis-di-alquran-jauh-sebelum-berkembangnya-teknologi-Y9VMAgw5vT.jpg Kapal pesiar Arab Saudi (STA/Saudi Gazette)

PADA setiap perkembangan zaman, kapal-kapal di lautan pun semakin berkembang. Mulai dari inovasi teknologi, hingga ukurannya yang semakin besar dan mampu mengangkut barang berton-ton. Namun, tahukah kalian bahwa keberadaan kapal laut besar itu sudah tertulis di dalam Alquran?

Baca juga:  5 Inspirasi Outfit Simpel Kekinian untuk Ngampus ala Hijaber Cantik Ingrid Yulika

Dikutip dari buku “Dikutip dari Buku Pintar Sains dalam Alquran” karya Dr Nadiah Thayyarah, Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَلَهُ ٱلْجَوَارِ ٱلْمُنشَـَٔاتُ فِى ٱلْبَحْرِ كَٱلْأَعْلَٰمِ

Wa lahul-jawāril-munsya`ātu fil-baḥri kal-a'lām

Artinya: "Dan kepunyaan-Nya lah bahtera-bahtera (kapal-kapal) yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung-gunung." (QS. Ar Rahman: 24).

Kemudian dalam ayat lainnya, Allah berfirman:

وَمِنْ ءَايَٰتِهِ ٱلْجَوَارِ فِى ٱلْبَحْرِ كَٱلْأَعْلَٰمِ

Wa min āyātihil-jawāri fil-baḥri kal-a'lām

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah kapal-kapal di tengah (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung." (QS. Asy-Syura: 32).

Dua ayat tersebut memberikan petunjuk berupa perumpamaan perahu-perahu layar dengan gunung-gunung yang tinggi. Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam hidup di daerah gurun yang jauh dari pantai.

Selain itu, perahu layar pada zaman Nabi masih kecil ukurannya. Dan tidaklah logis pada masa itu untuk menyerupakan perahu-perahu itu dengan gunung-gunung yang tinggi. .

Kemudian pada permulaan abad ke-20, para tukang mulai membuat kapal-kapal raksasa sebagaimana yang bisa kita saksikan di lautan pada masa sekarang. Kapal-kapal raksasa itu mampu mengangkut muatan yang sangat banyak dari satu negeri ke negeri yang lain.

 

Selain itu, mereka juga dapat mengangkut minyak bumi dengan volume yang sangat besar dan bermacam komoditas lainnya melalui lautan.

Lalu, siapakah yang mengajarkan kepada Nabi Muhammad tentang pengetahuan ini pada 1.400 tahun yang lalu? Yang mengajarkan kepada beliau adalah Allah, pencipta langit dan bumi, penguasa Arsy yang agung yang menurunkan Alquran yang mulia kepadanya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini