Amalkan Doa Masuk Pasar Ini, Pahalanya Dihapus Sejuta Keburukan

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 618 2271565 amalkan-doa-masuk-pasar-ini-pahalanya-dihapus-sejuta-keburukan-1NywZIX2Nd.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

DALAM kehidupan sehari-hari manusia tiak bisa lepas dari pusat perbelanjaan. Kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk membaca doa ketika memasuki pasar atau mal agar kita terhindar dari segala bahaya. Sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid dan tempat yang paling dibenci oleh Allah adalah pasar," (HR. Muslim).

Ada satu doa yang memiliki keutamaan besar bagi siapa yang mengamalkannya. Di zaman Rasulullah, para sahabat seringkali mengamalkan doa sekaligus dzikir ini ketika memasuki pasar.

Bagi yang suka bepergian ke pasar atau mal, alangkah baiknya mengamalkan doa yang diajarkan Nabi Muhammad ini, Dari Umar bin Khattab radhiallahu anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

Baca juga: KJRI dan Kementerian Haji Arab Saudi Akan Bertemu Bahas Umrah 1442H

"Barangsiapa yang masuk pasar kemudian membaca (zikir), 'Laa ilaaha illallohu wahdahu laa syariika lahu, lahulmulku walahulhamdu, yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu, biyadihil khoiir, wa huwa 'ala kulli syai'in qodiir' (Artinya: tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. BagiNya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya kebaikan. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu), maka Allah akan menuliskan baginya satu juta kebaikan, menghapuskan darinya satu juta kesalahan, dan meninggikannya satu juta derajat," (HR. At-Tirmidzi, Al-Hakim, Ibnu Majah).

Dai kondang Syekh Ali Jaber mengatakan, doa ini merupakan salah satu doa yang sederhana tapi pahalanya sangat luar biasa. Mendapatkan nilai pahala yang begitu besar karena di dalam pasar atau mal ialah tempat maksiat, tempat di mana banyak orang lalai dalam mengingat Allah, tempat yang jauh dari ajaran Islam atau sifat akhlak Islam.

"Oleh karena itu, ketika ingin memasuki pasar atau mal dianjurkan bagi umat muslim untuk membaca dzikir, dengan kita selalu berdzikir (ingat) kepada Allah Ta’ala dan meninggalkan segala sesuatu yang diharamkannya, maka ini adalah termasuk sebaik-baik usaha yang diberkahi oleh Allah Ta’ala," kata Syekh Ali Jaber dikutip dari channel YouTube Official RCTI, Rabu (2/9/2020).

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini