Kilas Balik Kerajaan Islam Samudera Pasai yang Jadi Tonggak Peradaban Muslim di Aceh

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 621 2323756 kilas-balik-kerajaan-islam-samudera-pasai-yang-jadi-tonggak-peradaban-muslim-di-aceh-z4a58HdgQv.jpg Wilayah Kerajaan Samudra Pasai. (Foto:SINDOnews)

JAKARTA – Aceh menjadi tempat bersejarah dari berdirinya Kerajaan Islam pertama di Indonesia, yaitu Kerajaan Samudera Pasai. Di balik terbentuknya kerajaan ini menyimpan kisah perjuangan nyata.

Dikutip dari Ustaz Abdul Somad Lc,Ma melalui Youtube Media Santri Aceh pada Selasa (8/12/2020) mengatakan; “Belanda tidak berani mengusik ini, Kenapa? Karena ada Kerajaan Samudera Pasai, kerajaan Aceh yang besar tapi mereka sadar. Ini Aceh tidak bisa dirusak dari luar, makin diserang dia makin kuat, makin diserang dia makin hebat, makin diserang dia makin kokoh. Mereka (Belanda) berpikir, bagaimana merusak Aceh. Akhirnya mereka rusak dari dalam lewat perbedaan pendapat bernama ikhtilaf (perpecahan muncul dari dalam).”

Baca Juga: Turis Amerika Masuk Islam, Ucap Syahadat Dibimbing Imam Masjidil Haram

“Siapa yang merusaknya? Yang merusaknya bukan orang dengan rambut gondrong, dengan gaya Belanda, tuan menir, bukan. Siapa yang merusaknya? Yang merusaknya adalah orang yang bersorban, pake jenggot panjang, pake jubah, gaya seperti ulama, siapa namanya? Syekh Abdul Gofur. Baru pulang dari Makkah belajar Syafi'i belajar Maliki belajar Hanafi belajar Hambali. Dia kuasai perbedaan mashab tapi tujuannya ingin mengobok-obok umat Islam dari dalam. Dia pulang dengan kharisma ulama, bajunya ulama, isinya setan, laknatullah,” ucapnya lagi.

Baca Juga: Kisah Mualaf Pengedar Narkoba, Awalnya Benci Nabi Akhirnya Masuk Islam

Firman Allah Subhanahu wa ta'ala (SWT) “Hai orang-orang mu’min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS 47: 7)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran


Dari kuatnya keimanan umat Muslim di Kerajaan Samudera Pasai, kerajaan ini berhasil menjadi sejarah peradaban Muslim pertama di Aceh. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya