Anak Jadi Cerminan Orangtua, Begini Cara Agar Sukses Mendidiknya

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 621 2324031 anak-jadi-cerminan-orangtua-begini-cara-agar-sukses-mendidiknya-rAALJpReTg.jpg Didiklah anak sedari dini dengan akhlak yang baik. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Sudah sepantasnya bagi orangtua mendidik anak berbuat baik. Namun, menjadi orangtua tak sebebas yang dipikirkan. Ada beberapa adab dan etika yang perlu diperhatikan para orangtua terhadap anaknya.

Baca Juga: Ustaz dr Zaidul Akbar Ungkap Kisah Anak Sakit Disebabkan Emosi Atas Perlakuan Buruk Orangtua

“Ada satu hal yang penting agar anak-anak kita berbakti dengan kita. Jangan terlalu banyak memberikan kepada anak kita pilihan. Kalau perlu tidak ada pilihan untuk mereka. Kita orang tua yang menentukan. Misal, saat beli baju, kita sebagai orang tua yang memilihnya. Biasakan mereka tidak ditanya, ‘Nak mau yang mana?’ Karena pertanyaan ini, membuat mereka jadi merasa dia punya kedudukan yang harus dia mengatur orangtuanya. Jika seperti itu, ini akan membuka pintu durhaka,” demikian penjelasan ini dari Ustaz Khalid Basalamah yang dikutip dari Channel Youtube Chandra Zantman pada Rabu (09/12/2020).

Orangtua merupakan cerminan utama bagi anak-anaknya. Tingkah laku maupun perkataan orangtua pasti akan diikuti anaknya. Maka orangtua mendidik anak harus serius.

Baca Juga: Ustaz Adi Hidayat Sebut Penyakit Iri Hati Membuat Tak Tentram dari Subuh hingga Malam

Orangtua harus bisa menjaga perasaan anaknya. Terkadang menjadi orangtua juga harus berusaha keras untuk berbuat baik di hadapan orang lain.

Perilaku seenaknya bisa saja melukai perasaan anak. Hal inilah yang bisa memicu anak tidak menuruti perintah orangtuanya.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

”Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, tidak mendurhakai (perintah) Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim:6)

Setiap orangtua muslim pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang soleh dan solehah. Jika hal itu sangat ingin dicapai, maka jadilah orang tua yang memberikan cerminan baik terhadap anaknya, sesuai dengan ajaran-ajaran Islam. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya