Nabi Muhammad SAW Anjurkan Bergaul dengan Ahlak yang Baik

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 614 2328214 nabi-muhammad-saw-anjurkan-bergaul-dengan-ahlak-yang-baik-gvHeLuWOhF.jpg Nabi Muhammad SAW selalu menganjurkan bergaul dengan ahlak mulia. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Manusia tak terlepas dari segala perbedaan termasuk keyakinan beragama. Kerukunan umat beragama justru menjadi penting di tengah-tengah perbedaan agama

Perbedaan agama bukan menjadi  penghalang untuk berteman, bergaul dan bertetangga. Perbedaan dalam kehidupan menjadi suatu fenomena yang lazim terjadi.

Menjalin pertemanan dengan perbedaan keyakinan, tidak dilarang dalam Islam. Hal tersebut jelas sudah diatur dalam Kitab suci Al-Qur’an.

Baca Juga: Karya Syaikh Ali Thantawi Soal Kematian yang Menggetarkan Hati

Firman Allah Subhanahu wa ta'ala (SWT) dalam QS. Al-Mumtahanah ayat 8 yang memiliki arti:

“Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan tidak mengusir kamu dari kampung halamanmu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.”

Dalam riwayat Imam Turmudzi, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) bersabda: "Bertaqwalah dimanapun kalian berada, dan ikutilah keburukan dengan kebaikan, niscaya dia akan menghapus keburukan tersebut. Dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik".

Baca Juga: Al-Qur'an Larang Beraktivitas di Bawah Laut, Lapisan Kegelapannya Memiliki Arti

Jika berteman dengan teman yang membawa dampak negatif, lebih baik hal tersebut dijauhkan. Kebebasan untuk bergaul dengan siapa saja, termasuk dengan tak seakidah dalam urusan muamalah tidak dilarang. Tetapi dalam urusan ibadah, Allah SWT mengatakan untukmu agamamu dan untukku agamaku.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ditegaskan oleh Ustaz Muhammad Syukron Muchtar, Lc bahwa dalam urusan selain ibadah, mualamah (jual beli, bergaul atau lainnya) silahkan, tapi jika waktu sholat, ya harus sholat," ujarnya dalam Youtube Gomuslim official dikutip pada Selasa (15/12/2020)

Suatu kebaikan akan datang bila ada rasa saling menghargai. Walaupun berbeda keyakinan tetapi menjalin pertemanan dengan membawa dampak baik, hal tersebut tidak akan dilarang dalam Islam karena Allah SWT menginginkan kemudahan untuk hamba-Nya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya