Tanggal Hari Keagamaan Tengah Disusun Kemenang, MUI dan Pakar Astronomi

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 614 2329480 tanggal-hari-keagamaan-tengah-disusun-kemenang-mui-dan-pakar-astronomi-zb8aOjEPLN.jpg Ilustrasi kalender Hijriyah. (Foto:Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Agama hingga saat ini terus menyusun naskah akademis untuk penyatuan kalender Hijriah yang menjadi panduan waktu bagi umat Islam di Indonesia. Nanti panduan waktu itu digunakan untuk berbagai peringatan hari besar keagamaan.

"Saat ini sedang menyusun naskah akademis," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag Agus Salim, di Jakarta, Kamis (17/12/2020).

Baca Juga: Tanda-Tanda Akhir Zaman Sudah Mulai Terwujud, Benarkah?

Program penyatuan kalender Hijriah merupakan upaya untuk menyamakan hari besar umat Islam di Indonesia yang saat ini banyak berbeda di antara kalangan Muslim karena memiliki referensi masing-masing.

Dampak dari realisasi penyatuan kalender Hijriah itu nantinya, umat Islam di Indonesia akan merayakan hari besar keagamaan secara bersama-sama, seperti saat Idul Fitri dan Idul Adha, termasuk awal mula Puasa Ramadhan.

Baca Juga: Nikmat Itu Wajib Disyukuri Bukan Justru Jatuh dalam Maksiat

Agus mengatakan penyatuan kalender Hijriah diinisiasi oleh Kemenag sejak era Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Saat itu, Lukman menyerap aspirasi dan melakukan konsolidasi dari berbagai ormas Islam di Indonesia untuk upaya penyatuan kalender Hijriah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Kami sudah menggagas ini. Kami temui langsung Majelis Ulama Indonesia mendiskusikan tentang itu dan mereka merespons dengan baik. Kami terus melakukan pertemuan-pertemuan dengan tim falakiah, menyusun langkah-langkah," katanya.

Kemenag juga menggandeng para pakar astronomi dalam upaya menyatukan kalender Hijriah, seperti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan ilmuwan lainnya.

Agus optimistis penyatuan kalender Hijriah dapat terlaksana. Kendati begitu, dia mengatakan penyatuan kalender Hijriah merupakan upaya yang tergolong sukar karena harus menyatukan berbagai keyakinan pendekatan ilmu pengetahuan dan keagamaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya