Demi Sholat Tahajud, Umar bin Khattab Pernah Memukul Orang Begadang Setelah Isya

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 330 2335569 demi-sholat-tahajud-umar-bin-khattab-pernah-memukul-orang-begadang-setelah-isya-VfoEj4JD2O.jpg Sholat Tahajud atau Qiyamul Lail. (Foto:Freepix)

JAKARTA - Sholat Tahajud atau Qiyamul Lail adalah ibadah yang mempunyai keutamaan begitu tinggi. Di penghujung malam yang sunyi ketika manusia terlelap mimpi, tangan menengadah hati tertunduk dan mengharap ampunan dengan hati khusuk

Begitulah kehidupan yang dilalui oleh manusia terbaik, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ustaz Abu Abdillah Imam dalam kajian Islam Al Misk dikutip pada Selasa (29/12/2020) menyebutkan; Dikisahkan oleh sang istri tercinta Rasulullah, Aisyah Radhiyallahu Anha :

Baca Juga: Manfaat Membantu Saudara, Ustaz Firanda: Di Hari Kiamat Akan Banyak Keajaiban

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa tidur pada awal malam dan bangun pada akhir malam, lalu sholat. (Muttafaqun ‘alaih).

Berikut beberapa faidah dari hadis di atas :

1. Sholat pada akhir malam lebih afdal daripada pada awal malam dikarenakan akhir malam itu adalah waktu yang sangat besar kemungkinan pengkabulan doa.

Baca Juga: Saat Hari Kiamat, Ada 4 Golongan Manusia yang Minta Ditangguhkan Perkaranya

2. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa tidur awal waktu. Beliau jika setelah menunaikan Sholat Isya tidak suka berbicara dalam hal yang tidak ada faidahnya. Sebagaimana dalam riwayat yang shaih :“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum sholat ‘Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari, no. 568)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Al Imam Ibnu Baththal Rahimahullah menjelaskan :

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak suka begadang setelah sholat ‘Isya karena beliau sangat ingin melaksanakan sholat malam dan khawatir jika sampai luput dari sholat shubuh secara berjama’ah.

Sehingga Umar bin Khattab sampai-sampai pernah memukul orang yang begadang setelah sholat Isya, beliau mengatakan, “Apakah kalian sekarang begadang di awal malam, nanti di akhir malam tertidur lelap?!” (Lihat Syarh Shahih Al Bukhari)

3. Penghujung malam merupakan waktu istimewa dalam bermunajat dengan sang pencipta, merenungi kesalahan dan dosa dengan seruan Sang Khaliq, siapa yang meminta ampun kepadaku maka akan aku ampuni

Sudah semestinya seorang muslim menggunakan waktu tersebut dengan sebainya, semoga Allah memberikan kemudahan kepada kita semua untuk memanfaatkan waktu tersebut dengan baik. Barakallahu fikum. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini