Ingin Terlihat 'Wah', Waspadai Sifat Sombong Iblis yang Bikin Tak Tenang Manusia

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 330 2346896 ingin-terlihat-wah-waspadai-sifat-sombong-iblis-yang-bikin-tak-tenang-manusia-h99H7Wqemy.jpg Iblis akan terus menerus menggoda manusia hingga terjerumus. (Foto:Freepix)

JAKARTA- Sombong tidak pantas dilakukan manusia yang belum tentu masuk surga. Iblis saja yang sudah berada di dalam surga, dikeluarkan Allah Ta'ala karena sifat sombongnya.

Ustaz Raehanul Bahraen mengatakan bahwa kesombongan tidak akan membuat tenang."Memang dengan kesombongan engkau terlihat hebat, engkau terlihat "wah" dan kuat. Tapi engkau tidak akan merasa tenang, dada bergejolak dan pikiran sibuk mempertahankan kesombongan "posisi di atas" yang menyita waktu dan tenaga. Padahal engkau tidak selalu di atas atau hanya merasa di atas, padahal tidak," kata dia dalam akun Instagramnya dikutip pada Selasa (19/1/2021)

Baca Juga: Kisah Bocah 9 Tahun yang Diizinkan Ibunya Jadi Mualaf

Ustaz Raehanul Bahraen melanjutkan memang dengan pamer sombong engkau terlihat sempurna tapi engkau tidak akan bahagia. Sejatinya engkau tidak tenang menanti-nanti pujian dan sanjungan.

Tatkala tidak datang atau berkurang pujian itu engkau pun gelisah tidak tenang. "Lalu menghalalkan berbagai cara agar pujian itu datang kembali," sebutnya.

 Lantas apa itu sombong? "Sombong adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia” (HR Bukhari)

Iblis saja diusir dari surga karena sombong. Manusia yang belum pasti masuk surga, kemudian sombong?

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Allah berfirman:

“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah (sujud penghormatan dan pemuliaan) kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Namun ia enggan dan sombong Dia termasuk golongan orang-orang yang kafir”. (QS. Al Baqarah: 34).

Semoga kita semua dijauhi dari sifat sombong. Menolak kebenaran karena gengsi dan merasa hebat merendahkan manusia (apapun kedudukannya). Aamiin yaa rabbal 'aalamiin. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya