Supermodel Hijab Pamit Mundur, Halima Aden: Mental Saya Tak Bahagia

Minggu 24 Januari 2021 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 617 2349977 supermodel-hijab-pamit-mundur-halima-aden-mental-saya-tak-bahagia-0BIaswrJWF.jpg Halimah Aden. (Foto: BBC)

JAKARTA - Halima Aden adalah supermodel berhijab pertama yang meninggalkan industri fashion pada bulan November 2020. Alasannya sungguh mendalam, dunia kerjanya itu tidak sesuai dengan agama yang dianutnya, Islam.

Dalam wawancara eksklusif dengan reporter BBC Global Religion, Sodaba Haidare, ia menceritakan secara lengkap mengenai mengapa ia menjadi model dan bagaimana dia sampai pada keputusan untuk berhenti.

Saat dijumpai di St Cloud, Minnesota, Amerika Serikat - tempat dia dibesarkan bersama orang-orang Somalia lainnya - Halima mengenakan busana biasa dan tanpa riasan. Dengan riang, dia berbincang sembari mengelus anjing peliharaannya, Coco.

 "Saya Halima dari Kakuma," katanya merujuk kamp pengungsian di Kenya, tempat dia dilahirkan, seperti dikutip dari BBC Indonesia, Minggu (24/1/2021).

Baca Juga : Intip Koleksi Buku Dian Pelangi, Ada Fashion Hijab!

 Sebagian khalayak menggambarkan perempuan itu sebagai supermodel berhijab yang luar biasa atau model berhijab pertama pada sampul majalah Vogue.

 Namun ia meninggalkan itu semua dua bulan lalu, karena menurutnya, industri fashion bertentangan dengan kepercayaannya sebagai seorang Muslimah.

"Ini situasi ternyaman yang pernah saya rasakan dari semua wawancara yang pernah saya lakukan," katanya sambil tertawa.

"Karena saya tak perlu menghabiskan waktu 10 jam untuk bersiap-siap dalam busana yang tak dapat saya pertahankan."

Sebagai model berhijab, Halima sangat selektif mengenai busana yang ia kenakan. Pada awal kariernya, dia selalu membawa koper yang dipenuhi beragam hijab miliknya, gaun panjang, dan rok untuk setiap pemotretan.

Baca Juga : 9 Jenis Ciput yang Perlu Diketahui, dari Konde hingga Anti Tembem

Halima mengenakan hijab hitam sederhana miliknya untuk kampanye pertamanya bagi Fenty Beauty milik Rihanna.

Apapun busana yang ia kenakan, hijabnya tak pernah ketinggalan dalam setiap pemotretan, sesuatu yang tak bisa dinegosiasikan.

Sedemikian pentingnya hijab, pada 2017 ketika menandatangani kontrak dengan IMG - salah satu agensi modeling terbesar di dunia - ia berhasil meminta penambahan klausul sehingga IMG tidak bisa memaksa Halima menanggalkan hijabnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini