Ramadhan Sebentar Lagi, 6 Hal yang Perlu Dipersiapkan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 614 2364479 ramadhan-sebentar-lagi-6-hal-yang-perlu-dipersiapkan-iwCSnPBhyI.jpg Ramadhan sebentar lagi, 6 hal ini bisa dilakukan sebagai persiapan. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Bulan Ramadhan tahun ini sudah semakin dekat. Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Umumnya, umat muslim sangat antusias menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan mempersiapkan segala hal agar lebih bersemangat menjalankan ibadah.

Sayangnya, momen Ramadhan kali ini mungkin masih akan diwarnai dengan pandemi Covid-19 yang belum bisa dikendalikan. Meski begitu, tetap perlu melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan.

Dilansir dari Productive Muslim, Kamis (19/2/2021), berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan, yang hanya tinggal beberapa bulan lagi.

1. Cari pengetahuan tentang Ramadhan

Ini akan membantu, untuk memastikan bahwa sesuatu dilakukan dengan benar dan sempurna untuk bulan Ramadhan. ini akan menjadi motivasi untuk mendapatkan banyak pahala di bulan yang dinantikan ini. Semakin banyak tahu tentang bulan Ramadhan, semakin banyak pula ingin banyak beribadah dan berbuat baik, sehingga melipatgandakan pahala.

Baca Juga : 4 Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan, Jangan Terlena Persiapan Lebaran

2. Buat rencana Ramadhan

Buatlah daftar hal-hal yang ingin dicapai dalam sebulan dan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut. Baik itu membaca Al-Quran, memastikan shalat tarawih setiap malam atau mengundang keluarga untuk berbuka puasa bersama. Penting agar tujuan realistis dan yakin dapat mencapainya. Mengetahui apa yang ingin dicapai di bulan tersebut, akan membantu untuk tetap fokus.

Baca Juga : Doa Rasulullah di Malam Lailatul Qadar

3. Persiapkan diri secara rohani

Semua tahu bahwa Ramadhan adalah tentang Puasa, Sholat, Membaca Quran dan bersedekah. Mulailah ibadah ini sejak dini, jangan berharap untuk langsung melakukannya begitu hari pertama Ramadhan. Mulailah melakukan ibadah sunnah dari sekarang, mulai memperbaiki dan rutin membaca Al-Quran, biasakan untuk bermurah hati dan mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAW, dan berpuasa selama Sya'baan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini