4 Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan, Jangan Terlena Persiapan Lebaran

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Jum'at 15 Mei 2020 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 15 330 2214439 4-keutamaan-10-hari-terakhir-ramadhan-jangan-terlena-persiapan-lebaran-HuNK2MElHk.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Umat Islam diingatkan untuk tidak mengendorkan ibadah pada 10 hari terakhir Ramadhan. Di penghujung bulan suci ini semestinya setiap Muslim lebih bersungguh-sungguh sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW.

“Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan ramadhan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut. (HR. Muslim) .

Dikutip dari laman resmi Kemenag pada Kamis (14/5/20200, Kepala Seksi Pengembangan Metode dan Materi Dakwah Dit. Penerangan Agama Islam, Subhan Nur menjelaskan, hadis di atas menunjukkan keutamaan semangat beribadah di 10 hari terakhir Ramadhan.

Hadis ini menceritakan sosok baginda Nabi Muhammad SAW sebagai manusia yang paling giat dalam meraih ridha` Allah SWT dengan bersungguh-sungguh memanfaatkan waktu-waktu penuh keutamaan dengan meningkatkan kualitas ketaatan, beribadah, bertaqarrub, beri’tikaf, dan mengajak anggota keluarga untuk beribadah.

Baca Juga: Pesan Damai Malam Lailatul Qadar

Kesungguhannya beribadah di 10 hari terakhir Ramadhan melebihi kesungguhan beribadah di waktu selainnya. “Kalimat ‘bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir’ menunjukkan anjuran untuk tidak kendor dalam beribadah di akhir Ramadhan sebagaimana fakta di masyarakat,” ujarnya.

Hadis ini juga menunjukkan keistiqamahan Nabi Muhammad dalam giat beribadah sepanjang Ramadhan. Semua hari di bulan Ramadhan sangat istimewa dan semua Muslim disarankan untuk melakukan ibadah dengan baik, dan jangan terlena oleh persiapan lebaran.

Baca Juga: Jadi Dosen, Yuk Intip Pesona Ellen Eks Cherrybelle Berbusana Syar'i

Pada 10 hari terakhir Ramadhan sangat istimewa. Ada banyak keutamaan di sepertiga bulan terakhir itu sehingga Rasulullah pun mengencangkan ibadahnya. Setidaknya, kesungguhan beliau ini disebabkan beberapa faktor, antara lain:

Pertama, 10 hari terakhir Ramadhan merupakan penutup bulan suci yang penuh berkah, dan setiap amalan manusia dinilai dari amalan penutupnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya