Taaruf Mencari Jodoh untuk Menikah, Bukan Mencari Pacar

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 06 Maret 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 614 2373072 taaruf-mencari-jodoh-untuk-menikah-bukan-mencari-pacar-Ped4ja2J3O.jpg Taaruf untuk menikah. (Foto:Freepik)

JAKARTA - Taaruf, menjadi jalan mencari untuk membantu dan menolong bagi yang ingin menikah. Dalam Islam, tujuan pernikahan tak lain untuk meneruskan keturunan, memenuhi kebutuhan naluriah manusia dan menyempurnakan ibadah kepada Allah SWT.

Apalagi Islam menganjurkan umatnya untuk melakukan pernikahan saat sudah mampu dan siap secara lahir batin, karena terdapat banyak manfaat menikah dalam Islam yang luar biasa.

Baca Juga: Dapat Iklan Youtube, Uang yang Diterima Halal atau Haram?

Sebagai mahluk sosial, manusia tidak dapat hidup seorang diri. Melalui kemampuannya, manusia melakukan interaksi serta beradaptasi dengan sesamanya. Tujuannya tak lain untuk hidup bersama, saling tolong menolong dan membangun keluarga dalam ikatan suami istri.

Menciptakan sebuah keluarga yang harmonis, tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan pembinaan yang dapat dilakukan sebelum seseorang memasuki jenjang pernikahan.

Guna mendukung hal tersebut, Komunitas Taaruf Membangun Ummat (KTMU) mencoba membantu, khususnya bagi kaum adam yang ingin maupun akan memasuki jenjang pernikahan melalui metode taaruf dengan memberikan materi keilmuan tentang keluarga.

Baca Juga: Viral Presiden Erdogan Sholat di Penitipan Sandal, Netizen: Masya Allah Pemimpin Idaman

Humas KTMU, Rizka Wahyu Wulandaridalam keterangan resminya diterima pada Sabtu (6/3/2021), memaparkan, sejak dirikan pada 2007, KTMU dipercaya menjadi salah satu jalan ikhtiar bagi mereka yang ingin bertemu jodohnya.

Adapun salah satu kegiatan KTMU adalah mengadakan seminar pra-nikah dengan sejumlah narasumber dari berbagai kalangan seperti ustaz, motivator, penulis buku dan orang-orang yang dapat memberikan inspirasi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Seminar ini bertujuan untuk memberikan memberikan keilmuan seputar pernikahan melalui metode ta'aruf bagi calon peserta," ungkapnya.

Menurut Rizka, untuk bisa bergabung dengan KTMU, seseorang harus mengisi formulir terlebih dahulu melalui situs KTMU. Setelah itu calon anggota akan mendapatkan jadwal wawancara dengan pengurus KTMU. Setelah menjadi anggota, mereka akan diberikan persiapan melakukan ta'aruf. Setelah itu, mereka akan mendapatkan informasi dan foto calon pasangannya. (Wahyu Nugroho)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya