Sholat Tarawih 2 Shift, Begini Respons Muhammadiyah

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 330 2382834 sholat-tarawih-2-shift-begini-respons-muhammadiyah-fHBNWcPXdl.jpg Ormas Islam Muhammadiyah. (Foto: Okezone/Dok)

JAKARTA - Sholat Tarawih 2 shift diusulkan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla, bagi Ormas Muhammadiyah secara hukum fikih tidak ada masalah.

Namun dianjurkan sebaiknya pelaksanaan ibadah tersebut dilaksanakan di rumah saja karena pandemi belum berlalu. Usulan JK itu disampaikan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Secara hukum fikih tidak ada masalah Tarawih dibuat dua shift. Walaupun, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19 sebaiknya Tarawih dilaksanakan di rumah. Itu jauh lebih aman," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof Abdul Mu'ti saat dihubungi MNC Portal, Selasa (23/3/2021).

Dia juga mengingatkan meskipun nantinya Sholat Tarawih di masjid atau musala harus dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga : Singapura Izinkan Sholat Tarawih Ramadhan 2021 di Masjid

Sebelumnya JK menyampaikan dalam hal pelaksanaan ibadah sholat tarawih pada bulan suci Ramadhan bisa dilakukan secara bergiliran. Ini dikarenakan daya tampung masjid yang dibatasi dari daya tampung sebenarnya.

Baca Juga : Sholat Tarawih 11 dan 23 Rakaat, Afdol-nya Berapa Rakaat?

Demi memenuhi animo masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah sholat tarawih, maka dia meminta untuk pengurus masjid membuka kemungkinan untuk melaksanakan sholat tarawih secara 2 shift.

“Tahun ini masjid sudah bisa dipakai untuk tarawih, selama memberlakukan protokol kesehatan yang baik. Maknanya apa? sebagian umat tidak bisa tertampung karena harus mengikuti aturan jaga jarak, untuk itu demi mengakomodir jamaah yang mau sholat tarawih, maka bisa dilaksanakan dua kali atau 2 shift," ucapnya pada acara Pelantikan dan Rakernas DMI Provinsi Nusa Tenggara Barat di Hotel Grand Legi, Mataram, NTB, Selasa (23/3/2021). 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya