Mengapa Jumlah Rakaat Sholat Tarawih Berbeda-beda? Ini Jawaban Ustadz Najmi

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 19 April 2021 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 330 2396942 -J4vLT68FK7.jpg Program Acara Nunggu Bedung. (Foto: Channel Youtube StarHits)

JAKARTA - Mengapa jumlah rakaat sholat tarawih berbeda- beda? Pertanyaan ini kerap muncul di tengah-tengah kaum Muslimin terutama saat bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan memang identik dengan ibadah puasa dan juga sholat sunnah tarawih. Umat muslim tentu ingin mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya selama bulan suci ini. Karena itu banyak yang melaksanakan sholat tarawih di masjid maupun di rumah masing-masing. Namun, pasti banyak umat muslim yang penasaran, kenapa ya sholat tarawih memiliki rakaat yang berbeda-beda?

Di acara Nunggu Bedug, Ustadz Najmi Fathoni akan berbagi informasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan menarik. Walaupun di Ramadhan kali ini kita tetap perlu untuk membatasi pergi ke luar rumah, kita bisa tetap belajar dan menggali banyak informasi baru dengan media sosial.

Pertanyaan ini disampaikan oleh Tiara Andini, penyanyi cantik jebolan Indonesian Idol. Tiara bertanya tentang perbedaan rakaat sholat Tarawih.

Baca Juga: Istiqlal Islamic Center of Taronto Masjid Pertama yang Berdiri di Kanada saat Ramadhan 2021

“Saya tuh biasanya Tarawih beda masjid itu beda rakaatnya, ada yang 11 rakaat ada yang 23 rakaat. Nah bisa dijelaskan pak Ustadz kenapa bisa beda rakaatnya?” tanya Tiara.

Sebelum menjawab, Ustadz Najmi menceritakan sejarah sholat tarawih. Pada saat pertama kali Nabi Muhammad SAW sholat tarawih, beliau sempat tidak datang ke masjid karena khawatir umatnya akan menganggap sholat sunnah tersebut sebagai ibadah yang wajib.

Nabi Muhammad SAW pun melakukan sholat Tarawih di rumah sebanyak 8 rakaat dan sholat witir sebanyak 11 rakaat menurut jawaban dari Aisyah binti Abu Bakar, istri dari Nabi Muhammad SAW. Lalu sholat tarawih sebanyak 23 rakaat dilakukan pada saat masa Umar bin Khattab.

“Sholat tarawih kita lakukan mau 8 mau 20 (rakaat) boleh dua-duanya, ada dasarnya” ujar Ustadz Najmi.

Yuk cek jawaban lengkap dari Ustadz Najmi tentang perbedaan rakaat sholat tarawih di bulan Ramadhan di YouTube channel StarHits!

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya