Mudik Idul Fitri Diharamkan Fatwa Ulama

Anton Suhartono, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 614 2404531 mudik-idul-fitri-diharamkan-fatwa-ulama-malaysia-7SlZvVFT3f.jpg Luqman Abdullaj (Foto:Utusan)

KUALA LUMPUR - Mudik Idul Fitri diharamkan dengan alasan kasus virus Covid-19 bakal melonjak. Fatwa haram ini ditegaskan Ulama Dewan Fatwa Malaysia Luqman Abdullah.

Luqman menggunakan dalil hadits Nabi Muhammad SAW soal penyikapan apabila terjadi wabah di suatu wilayah.

Nabi Muhammad SAW melarang bepergian menuju atau dari daerah yang di dalamnya mengalami wabah penyakit. “Melintasi perbatasan negara bagian, bagaimana pandangan Islam jika pemerintah melarangnya. Kalau kita tidak taat pada ulul amri (pemimpin), maka itu haram,” kata Luqman.

Dia menambahkan kasus infeksi Covid-19 akan terus bertambah jika perjalanan antar wilayah tidak dilarang.

Baca Juga: Mengapa Umar bin Khattab Menggali 13 Lubang Kubur untuk 'Nabi Daniel' ?

Luqman juga menyoroti beberapa warga Malaysia menggunakan surat kuasa palsu yang ditandatangani Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah demi bisa melintasi wilayah. Tindakan itu menurut dia mengandung dua pelanggaran sekaligus.

 Dia mengajak umat Islam Malaysia menaati aturan pemerintah demi kepentingan bersama. “Jika ini untuk kebijakan yang lebih baik, rakyat harus mematuhinya. Jika tidak, risiko penularan akan tinggi. Jika ada kebutuhan (darurat), melintasi wilayah diperbolehkan, tapi jika itu karena alasan sosial, maka hanya akan membawa risiko lebih tinggi,” ujarnya.

Luqman Abdullah terpilih sebagai Mufti Wilayah Federal pada 15 Mei 2020 menggantikan, Zulkifli Mohamad Al Bakri, yang menjabat Menteri di Departemen Perdana Menteri untuk Urusan Agama.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya