104 Tahun Aisyiyah, Mendikbud: Gerakan Perempuan Islam Berkemajuan yang Istiqamah

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 614 2412320 104-tahun-aisyiyah-mendikbud-gerakan-perempuan-islam-berkemajuan-yang-istiqamah-k42wGGQgxW.jpg Organisasi perempuan Aisyiyah. (Foto: Okezone/Dok)

JAKARTA - Keterbukaan pemikiran Muhammadiyah sebagai organisasi induk Aisyiyah dalam mengakui dan melibatkan peran perempuan di tingkat multilevel membuatnya tidak diragukan lagi kiprahnya selama 104 tahun ini ini.

Hal ini pun diakui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Dia mengatakanperan 1 abad Aisyiyah di Indonesia telah diwarnai dengan segudang aktivas dan visi kerja yang berkemajuan. Nadiem menegaskan bahwa apa yang telah dilakukan Aisyiyah sejatinya agar Islam tegak sebagai pembawa solusi bukan pencipta petaka.

Baca Juga: Keberkahan Umat Islam ada di Waktu Pagi

“Lebih dari satu abad Aisyiyah secara istiqamah menjadi gerakan perempuan muslim berkemajuan yang mengupayakan tegaknya agama Islam dan terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya,” tutur Nadiem.

Salah satu yang melatarbelakangi berdirinya ‘Aisyyah adalah karena kondisi yang memprihatinkan terkait dengan posisi dan peran perempuan yang ditempatkan hanya sebatas urusan domestik rumah tangga. Dengan adanya peran perempuan di ruang-ruang publik, Nadiem semakin optimis kehadiran Aisyiyah di negeri ini akan turut membantu dan menyukseskan Indonesia menuju generasi emas.

Baca Juga: Jadi Mualaf Dipanggil Antum, Marcel Siahaan: Pakai Bahasa Indonesia Saja

“Bidang dakwah yang menjadi wilayah kerja Aisyiyah antara lain Tabligh, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Ekonomi, Perkaderan serta Pendidikan Politik dan Kewarganegaraan turut mendukung visi nasional peningkatan kualitas SDM menuju Indonesia emas,” ungkap Nadiem sebagaimana dikutip laman Muhammadiyah, Rabu (19/5/2021).

Selain itu, Nadiem mengingatkan agar milad yang ke-104 ini disyukuri dan dimaknai sebagai momentum untuk menguatkan tekad dan menyatukan langkah menuju kemajuan di tengah upaya bersama untuk bangkit dari situasi yang sulit.

“Selamat Milad Aisyiyah yang ke-104. Semoga segala niat baik dan upaya yang kita lakukan, diridhai Allah," pungkasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya