Makan dengan Tangan Kiri, Bagaimana Hukumnya?

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 22 Mei 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 614 2413779 makan-dengan-tangan-kiri-bagaimana-hukumnya-YegCVBJexy.jpg Ilustrasi makan. (Foto: Rawpixel/Freepik)

MAKAN merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia. Ketika makan sangat dianjurkan menggunakan tangan kanan. Ini bagian dari sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

"Makan dengan tangan kanan juga ada adabnya dan diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam," kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: MUI Ajak Panjatkan Doa Qunut Nazilah untuk Palestina, Simak Tata Caranya 

Dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Umar Radhiyallahu anhu:

إذا أَكَلَ أحدُكُم فليأكلْ بيمينِهِ . وإذا شرِبَ فليشربْ بيمينِهِ . فإنَّ الشَّيطانَ يأكلُ بشمالِهِ ويشربُ بشمالِهِ

Artinya: "Jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya." (HR Muslim Nomor 2020)

Makan. (Foto: Shutterstock)

Namun lain halnya apabila seseorang memiliki udzur atau halangan seperti tangan kanannya terluka, sehingga diperbolehkan menggunakan tangan kiri, maka hukumnya mubah (boleh).

Baca juga: Alhamdulillah, Arab Saudi Izinkan Jamaah Luar Negeri Beribadah Haji 

Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin mengatakan:

الأكل باليد اليسرى بعذر لا بأس به،

Artinya: "Makan dan minum dengan tangan kiri ketika ada udzur hukumnya tidak mengapa."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kemudian dalam Al Mausu’ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyah (6/119) juga disebutkan:

فَإِنْ كَانَ عُذْرٌ يَمْنَعُ الأَْكْل أَوِ الشُّرْبَ بِالْيَمِينِ مِنْ مَرَضٍ أَوْ جِرَاحَةٍ أَوْ غَيْرِ ذَلِكَ فَلاَ كَرَاهَةَ فِي الشِّمَال

Artinya: "jika ada udzur yang menghalangi seseorang untuk makan atau minum dengan tangan kanan, semisal karena sakit atau luka atau semisalnya maka tidak makruh menggunakan tangan kanan."

Baca juga: Kisah Tukang Kayu Temani Jasad Konglomerat di Alam Kubur 

"(Boleh) kalau ini dihukumi udzur ada halangan atau penyebab dia tidak bisa melakukan sebagaimana mestinya, dan agama kita juga memberikan keringanan," terang Ustadz Ainul Yaqin.

Hal ini disebabkan seseorang sedang ada halangan dan tidak bisa melakukan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, boleh melakukan dengan tangan kirinya, sebab udzur atau halangan tersebut.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya