Share

Ini Berkah Besar yang Didapat Istri Taat kepada Suami

Hantoro, Jurnalis · Senin 24 Mei 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 24 330 2414624 ini-berkah-besar-yang-didapat-istri-taat-kepada-suami-eUN05NZUIj.jpg Ilustrasi istri salihah. (Foto: Shutterstock)

SUDAH menjadi kewajiban seorang istri taat kepada suami. Ini sudah menjadi perintah perintah Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Ada keutamaan besar jika istri menaati suami. Allah Azza wa jalla menjanjikan surga kepada perempuan yang menuruti setiap perintah kebaikan dari suaminya.

Baca juga: Mau Menikah, Rasulullah Ingatkan Jangan Pilih 5 Kreteria Perempuan Iniย 

Dikutip dari laman Muslim.or.id, Senin (24/5/2021), Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal menerangkan di antara keutamaan istri yang taat terhadap suami adalah akan dijamin masuk surga. Ini menunjukkan kewajiban besar istri kepada suami adalah menaati perintahnya.

Dari Ummu Salamah Radhiyallahu โ€˜anha, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam bersabda:

ุฃูŽูŠู‘ูู…ูŽุง ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉู ู…ูŽุงุชูŽุชู’ ูˆูŽุฒูŽูˆู’ุฌูู‡ูŽุง ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ุฑูŽุงุถู ุฏูŽุฎูŽู„ูŽุชู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ

Artinya: "Wanita mana saja yang meninggal dunia lantas suaminya rida kepadanya, maka ia akan masuk surga." (HR Tirmidzi Nomor 1161 dan Ibnu Majah Nomor 1854. Abu Isa Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan gharib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadis ini hasan)

Ilustrasi istri salihah. (Foto: Unsplash)

Hal yang dimaksudkan dengan hadis tersebut adalah jika seorang wanita beriman meninggal, lantas benar-benar memerhatikan kewajiban terhadap suaminya sampai suami tersebut rida dengannya, maka ia dijamin masuk surga.

Bisa juga makna hadis tersebut adalah adanya pengampunan dosa atau Allah Subhanahu wa ta'ala meridainya. (Lihat Nuzhatul Muttaqin karya Profesor Dr Musthofa Al Bugho, halaman 149)

Baca juga: Lagi Lelah atau Kesal, Suami Tetap Jaga Kata-Kata Terhadap Istriย 

Begitu pula dijelaskan dalam hadis dari โ€˜Abdurrahman bin โ€˜Auf. Ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam bersabda:

ุฅูุฐูŽุง ุตูŽู„ู‘ูŽุชู ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉู ุฎูŽู…ู’ุณูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุตูŽุงู…ูŽุชู’ ุดูŽู‡ู’ุฑูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุญูŽููุธูŽุชู’ ููŽุฑู’ุฌูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽุทูŽุงุนูŽุชู’ ุฒูŽูˆู’ุฌูŽู‡ูŽุง ู‚ููŠู„ูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง ุงุฏู’ุฎูู„ูู‰ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‰ู‘ู ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุดูุฆู’ุชู

Artinya: "Jika seorang wanita selalu menjaga shalat 5 waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan benar-benar taat kepada suaminya, maka dikatakan kepada wanita yang memiliki sifat mulia ini, 'Masuklah ke dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka'." (HR Ahmad 1:191 dan Ibnu Hibban 9:471. Syaikh Syuโ€™aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadis ini sahih)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kemudian ada riwayat dari Abu Hurairah Radhiyallahu โ€˜anhu. Dia berkata:

ู‚ููŠู„ูŽ ู„ูุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฃูŽูŠู‘ู ุงู„ู†ู‘ูุณูŽุงุกู ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุชูŽุณูุฑู‘ูู‡ู ุฅูุฐูŽุง ู†ูŽุธูŽุฑูŽ ูˆูŽุชูุทููŠุนูู‡ู ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽู…ูŽุฑูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ุชูุฎูŽุงู„ูููู‡ู ูููŠ ู†ูŽูู’ุณูู‡ูŽุง ูˆูŽู…ูŽุงู„ูู‡ูŽุง ุจูู…ูŽุง ูŠูŽูƒู’ุฑูŽู‡ู

Artinya: "Pernah ditanyakan kepada Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam, 'Siapakah wanita yang paling baik?' Jawab beliau, 'Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, menaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci'." (HR An-Nasai Nomor 3231 dan Ahmad 2: 251. Syekh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan sahih)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tipe Istri yang Bisa Masuk Surga dari Segala Pintu, Simak Ciri-Cirinyaย 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini